Serial Meteor Garden Sukses Memprakarsai Kisah Dongeng Cinderella

Jakarta – Meteor Garden, drama asal Mandarin yang rilis di tahun 2001 silam itu pernah membuat kejutan hebat di Indonesia. Drama itu sempat menjadi film serial yang menakjubkan di Indonesia, membuat para penonton layar kaca berduyun-duyun mengidolakan tokoh-tokoh utama drama tersebut yang dikenal sebagai F4.


Selain Meteor Garden, drama Korea pun turut mengadaptasi drama tersebut dengan judul Boys Over Flowers atau Boys Before Flowers pada tahun 2009. Sama halnya dengan Meteor Garden, drama Korea yang dibintangi oleh Lee Min Ho itu dianggap sebagai pintu gerbang hallyu star generasi ke-2.

Saat ini, Meteor Garden kembali ditayangkan di salah satu channel televisi swasta Indonesia, dengan total penonton yang fantastis. Padahal, Meteor Garden sudah berulang kali ditayangkan. Selain itu, Meteor Garden juga jadi salah satu nama yang dicari di search engine selama beberapa waktu ini. Lantas, apa yang menyebabkan Meteor Garden atau Boys Before Flowers, atau versi aslinya yang berasal dari Jepang: Hana Yori Dango bisa jadi sangat terkenal?

Jawabannya, serial itu mengambil tajuk Cinderella, dimana seorang gadis miskin dan tidak terkenal, tiba-tiba berjumpa dengan seorang pangeran atau lelaki yang bergelimang harta layaknya seorang putra raja. Mereka kemudian saling jatuh cinta. Atau tokoh utamanya adalah wanita miskin yang berhasil merebut hati pangeran atau sang pria kaya. Walau sempat ada hambatan, cinta mereka akhirnya berhasil melewati segalanya.

Laki-laki yang kaya raya dibalut dengan penampilan yang rupawan, jatuh hati pada wanita miskin karena sifat dan karakteristiknya. Mulanya, karena perilaku si gadis yang terlalu lugu sehingga membuat dirinya lain dari wanita pada umumnya.

Sesungguhnya, drama ini banyak mendapatkan komentar dari para pengamat film. Pasalnya, drama ini membuat para penikmatnya terlena. Selain itu, drama ini dihiasi cerita dan romantisme tak masuk akal. Lihat saja, rata-rata alur cerita yang ada pada drama Korea, sedikit hiperbola atau terlalu dilebih-lebihkan dari realitas.


Cinta segitiga yang ada dalam drama, terlihat sangat muluk. Di Meteor Garden, tentu saja, hubungan yang rumit antara Shancai (yang diperankan oleh Barbie Xhu), Dao Ming Si (yang diperankan oleh Jerry Yan), dan Hua Ze Lei (yang diperankan oleh Vic Zhou). Dalam realitas, cinta segitiga memang kerap terjadi, tapi tak sebanyak dalam cerita di dalam drama.

Drama selama ini memperlihatkan fantasi akan ekspektasi yang terlalu tinggi, dengan kekasih yang rupawan dan baik hati. Selama pecinta drama sadar semua hanyalah karangan semata, tentu saja tak akan menjadi persoalan. Tapinya, hal ini akan menjadi rawan jika para penonton drama, baik drama Mandarin, Korea atau Jepang, berangan-angan cerita hidupnya akan serupa layaknya drama.

Namun, ada pula segi positif yang bisa dikutip dari drama Korea. Contohnya, pesan moral jika suatu hubungan memang wajib untuk terus dipelihara. Seumpama tanaman yang terus diberi pupuk, hubungan antara dua individu membutuhkan waktu agar bisa terangkai lebih intim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *