4 Pengumpan Terbaik di Benua Biru

Berita Bola – Sepak bola tidak hanya bertumpu pada pengatur serangan atau penyerang untuk memetik kemenangan. Karena sering kali penikmat sepakbola dunia disajikan daftar pencetak gol terbaik tanpa menyaksikan serangkaian proses gol tersebut lahir. Padahal ada aspek yang jauh lebih vital, yaitu kolektivitas tim. Bisa dibilang, kreativitas adalah raja dan pemain kreatif merupakan harta tak ternilai.

Sebagian besar pemain kreatif cenderung lebih banyak mendapatkan jam terbang bersama timnya, karena mereka dinilai mampu menciptakan peluang hingga menciptakan gol. Berikut beberapa nama yang dinilai sebagai pencipta peluang dan pengumpan berbahaya di Benua Biru :

1. Wayne Rooney


Wayne Rooney tidak hanya dikenal sebagai top skor sepanjang sejarah Manchester United. Tapi ia juga memperoleh label sebagai pemain yang paling kreatif, khususnya dalam memberikan assist kepada teman setimnya.

Sejak kehadiran Zlatan Ibrahimovic pada jendela transfer musim panas lalu, Rooney memang lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Namun bukan berarti performanya berkurang, sebab Jose Mourinho mengembalikan perannya sebagai gelandang serang.

Selama Rooney merumput sebagai playmaker, penampilan The Red Devils semakin atraktif. Dari statistik diketahui dalam 926 menit merumput di liga domestik, Wazza telah menyumbang 23 umpan sepanjang musim ini di mana lima diantaranya sukses dimanfaatkan oleh rekannya.

2. Dani Alves


Tingkat ketepatan umpan silang Dani Alves sudah tak dapat dipungkiri lagi. Walau usianya sudah tak muda lagi, tapi ia masih bisa menjadi penyuplai bola yang baik untuk rekan setimnya di Juventus. Merumput selama 869 menit bersama La Vecchia Signora, Alves telah mencatatkan 24 umpan dan tiga diantaranya sukses berbuah gol.

Itu alasannya Massimiliano Allegri meminangnya ke Juventus Stadium pada jendela transfer musim panas lalu. Karena ia menyaksikan jasanya dalam menjaga barisan pertahanan dan serangan masih sangat bermanfaat buat Si Nyonya Tua. Alves bisa dianggap sebagai kunci sukses Bianconeri di liga domestik.

3. Franck Ribery


Gelandang yang menyandang nomor punggung 7 di Bayern Munich ini boleh dianggap raja penyuplai bola di Bundesliga sepanjang masa. Total umpannya memang masih jauh dibawah Messi, Lampard, atau Giggs. Ribery mungkin saat ini masih beristirahat setelah dibekap cedera. Tapi ia dianggap kunci keberhasilan Die Rotten.

Total, 25 umpan telah disumbangkannya di semua kejuaraan musim ini. Tujuh diantaranya sukses dimanfaatkan oleh rekan-rekannya. Tak cuma dikenal sebagai raja penyuplai bola di Bundesliga saja, Ribery juga sering disebut sebagai predator mematikan bagi pertahanan lawan dimana saat ini ia telah mencatat sembilan gol musim ini.

4. Cesc Fabregas


Fabregas mungkin sering terlihat menghiasi bangku cadangan Chelsea sejak kemunculan Antonio Conte musim ini. Tapi kegagalannya menempati tim inti tak langsung membuatnya patah hati. Sedikit demi sedikit Fabregas pun berhasil memukau hati Conte dan akhir pekan kemarin, dia sukses mencatat rekor baru kala membawa The Blues menang 3-1 atas Swansea City di lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-26 akhir pekan kemarin. Playmaker Chelsea tersebut telah mengoleksi 102 assist dari 300 penampilannya di Liga Inggris. Dia menjadi pemain kedua setelah Ryan Giggs yang berhasil membukukan 162 umpan dari 632 laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *