Walau Merengkuh Piala FA, Bukan Berarti Karir Wenger Terjamin

FA Cup – Beberapa waktu lalu, juru taktik Arsenal, Arsene Wenger menjelaskan bahwa tak ada keretakan di dalam kesebelasannya. The Gunners masih tetap solid. Perkataan Wenger pun terbukti, dimana Arsenal sukses memetik kemenangan dengan dua gol tak berbalas atas Sutton United pada Selasa (21/3) dini hari WIB.


Rapor manis dalam pertarungan putaran kelima FA Cup di Gander Green Lane ini membuat pasukan yang dikomandoi Wenger melenggang ke fase berikutnya. Dua angka kemenangan masing-masing dipersembahkan oleh Lucas Perez dan Theo Walcott.

Kemenangan ini juga sekaligus mengobati rasa frustasi fans, menyusul kekalahan telak tim favoritnya dari Bayern Munich di leg pertama Liga Champions. Tanpa perlawanan sama sekali, Arsenal dilibas 1-5. Alexis Sanchez, bintang Arsenal, diisukan sempat murka di ruang ganti. Striker berkebangsaan Cile itu tak bisa menerima kekalahan Arsenal. Isu pertengkaran internal klub pun kontan terdengar publik. Tapi Wenger meyakinkan tim asuhannya masih tetap kompak.

The Gunners tentu saja bertekad bisa merengkuh trofi FA Cup. Skuat yang ditunggangi The Professor memang seringkali berakhir menjadi juara, sama seperti Manchester United. Kedua tim sama-sama sudah menjuarai Piala FA sebanyak 12 kali. Arsenal terakhir kali naik podium kehormatan pada musim 2014/2015. Kala itu mereka mengulingkan Aston Villa 4 -0 di Wembley Stadium.

Melihat kompetisi di Liga Premier Inggris musim ini, tak dipungkiri bila The Gunners sangat berambisi memenangkan Piala FA. Pasalnya, Chelsea, klub yang masih kokoh di puncak klasemen sementara, semakin perkasa. The Blues yang memang lebih difavoritkan telah mengemas 60 poin, terpaut selisih 10 angka dari Arsenal yang masih terjerembab di urutan keempat.

Di tanah Britania, pamor Piala FA tak kalah mengkilap dari Liga Primer Inggris. Ini adalah kejuaraan sepak bola dengan sistem knockout tahunan di Inggris dan merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia, dimulai pada musim 1871/1872. Bagi sang juru taktik The Gunners, Arsene Wenger, Piala FA merupakan saat-saat penting untuk membuktikan bahwa pasukannya masih layak dibanggakan. Belakangan, sang juru racik berkebangsaan Perancis itu sering dikritik dan didesak agar segera angkat koper dari Emirates Stadium.

Posisi Wenger memang serba salah. Tak ada garansi nasibnya akan membaik, walaupun berhasil menjadi yang terbaik di Piala FA. Lantara yang dituntut para pendukung fanatik adalah trofi Liga Primer Inggris. The Gunners memang sudah sangat lama tak merasakan trofi paling bergengsi di Inggris, terakhir kali mereka merengkuhnya adalah musim 2003/2004.

Menurut Alan Smith, mantan punggawa Arsenal, Para fans tetap belum bisa tenang, walaupun Arsenal beberapa kali memenangkan Piala FA, karena mereka sangat menginginkan tim kesayangannya menggondol trofi paling bergengsi di Inggris, terlebih mereka pun mendambakan Arsenal bisa merasakan tropi paling bergengsi di Eropa, yaitu Tropi Liga Champions. Tercata Arsenal memang belum pernah memenangkan gelar Liga Champions sekalipun.

Highlights Sutton United Vs Arsenal (FA Cup 20116/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *