5 Cara Efektif Manfaatkan Google Play Store

Google Play Store merupakan salah satu pusat dari sistem operasi Android. Dengan bursa aplikasi ini, para pengguna Android dapat mendapat piranti yang mereka perlukan, baik berbayar maupun tidak. Tapi, sebagian orang belum mengetahui kiat-kiat untuk memaksimalkan penggunaan Google Play Store. Oleh karena itu, berikut ini kami sampaikan lima trik gampang memaksimal penggunaan Google Play Store :

1. Mengunduh aplikasi di luar wilayah


Sebagian orang mungkin pernah mendapat hambatan saat mendownload aplikasi namun ternyata hanya tersedia di area tertentu. Sesungguhnya, hal ini dapat diatasi dengan mudah. Cara termudah ialah memanfaatkan layanan Virtual Private Network (VPN). Pasalnya, VPN merupakan layanan yang membuat para penggunanya seolah mengakses internet dari lokasi atau negara lain. Jadi, layanan ini bisa membantu para penggunanya untuk menyembunyikan posisi asli si pengguna. Tapinya perlu dicatat, agar mendownload layanan VPN yang benar-benar terpercaya.

2. Mengatur aplikasi di Play Store


Kolom ‘My Apps & Games’ di Play Store pastinya diketahui oleh hampir semua pemakai Android. Melalui fungsi ini, kita dapat melihat deretan aplikasi yang telah terpasang di perangkat kita. Bukan cuma itu, lewat kolom ini kamu dapat melakukan pembaharuan piranti yang telah terpasang di perangkat Android lebih gampang. Cukup buka kolom My Apps & Games, kamu dapat melihat seluruh daftar aplikasi yang terpasang dan menawarkan pembaruan sistem. Kamu bisa memilih Update All yang biasanya tersedia di bagian atas kanan untuk memperbarui aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menentukan aplikasi yang sedang terpasang untuk dihapus.

3. Parental Lock di Google Play Store


Total aplikasi yang mencapai angka jutaan sangat sukar ditelusuri apakah aplikasi tersebut ramah bagi anak dibawah umur. Bagi kamu yang cukup memperhatikan hal itu, ada cara yang mudah untuk mengendalikan fungsi Parental Lock di Google Play Store. Dengan begitu, adik atau keponakan yang sedang meminjam smartphonemu dapat terhindar aplikasi yang belum pantas. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memilih opsi Settings di Play Store.

Kemudian buka dan aktifkan fungsi Parental Control. Tapi sebelum menyalakannya, kamu perlu menginput PIN terlebih dulu. Jadi, ketika fitur ini aktif, para pengguna diwajibkan untuk memasukkan PIN sebelum mendowload aplikasi yang memang tak ditujukan bagi anak-anak.

4. Sistem Refund di Google Play Store


Sistem pembayaran di Google Play Store kini semakin gampang, kamu dapat memanfaatkan beberapa saluran pembayaran untuk memiliki aplikasi yang diinginkan. Tapinya, seringkali aplikasi yang dibeli tak sesuai ekspektasi. Google pun telah mencegah hal tersebut dengan memunculkan sistem pengembalian dana atau lebih dikenal refund. Dengan begitu, fungsi pengembalian ini hanya dapat dilakukan maksimal dua jam setelah pembayaran.

Bila kamu ingin menerapkan fungsi refund, kamu cukup mengakses aplikasi yang dituju dari Google Play Store. Fungsi Refund umumnya ada di bagian kiri dan anda cukup menyentuhnya untuk memperoleh dana anda kembali.

5.  Fungsi ‘Indie Corner’


Para pengguna Android umumnya sering merasa jenuh dengan permainan yang ditawarkan oleh sang developer. Bagi anda yang mengalami hal itu, tak ada ruginya untuk berkunjung ke kolom Indie Corner yang ada di Play Store. Jika anda mengalami kendala untuk menemukannnya, cukup ketik ‘Indie Corner’ pada kolom pencarian Google. Hasil pencarian pertama yang muncul umumnya ‘Discover Indie Corner’ dari Google Play. Kemudian, buka URL tersebut dan kamu akan ditujukan ke Play Store untuk melihat katalog game indie yang siap didownload. Perlu dicatat, katalog game indie ini umumnya akan diperbarui tiap bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *