Selebritis

5 Acara Televisi Yang Sempat Kena ‘Sentilan’ KPI

Acara televisi di Indonesia pada umumnya ada yang memberikan edukasi kepada masyarakat atau hanya sekedar untuk menghibur saja. Namun akhir-akhir ini, tak jarang program televisi yang mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia karena berbagai hal. Salah satunya adalah penayangan yang mampu membawa pengaruh buruk bagi masyarakat yang menyaksikannya.

Ingin tahu acara televisi apa saja yang pernah mendapat teguran dari KPI? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Rumah Mama Amy

Perlahan namun pasti, kesuksesan Raffi Ahmad membuat semua keluarganya ikut masuk dunia hiburan Tanah Air. Setelah Syahnaz yang hadir sebagai pemain sinetron pendatang baru, kini giliran mamahnya, Amy Qanita yang sukses menjadi pembawa acara dalam acara televisi bertajuk Rumah Mam Amy. Namun sayang, pada beberapa waktu yang lalu, acara ini mendapat teguran dari KPI. Mengapa demikian?

Teguran tersebut terjadi ketika Mama Amy mewawancarai seorang anak terkait konflik yang terjadi di keluarganya. Hal tersebut dinilai KPI sebagai pelanggaran. Menurut KPI, mewawancarai seseorang terkait dengan hal-hal di luar kapasitas mereka tidak selayaknya ditayangkan,” tutur pihak KPI.

2. Dahsyat

Dalam ajang Indonesian Television Award, acara musik Dahsyat baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Program Pagi Terpopuler 2016. Meski demikian, program musim tersebut sempat beberapa kali mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia. KPI secara tegas menegur program musik tersebut karena ulah Zaskia Gotik yang pada saat itu menyebut Pancasila dengan sebutan bebek nungging.

Hal yang sama pun kembali terjadi saat acara ini mengadakan kuis yang disebut Seberapa Peka dimana saat itu ada beberapa orang yang matanya ditiup dan mencium kain pel lalu diminta untuk menebak benda itu. KPI pun menilai jika acara tersebut sangat tidak layak untuk ditayangkan. Menurut mereka, hal ini menyangkut norma kesopanan yang berlaku di dalam masyarakat.

3. Inbox

Selain Dahyat, acara televisi pagi yang sempat ditegur oleh KPI adalah Inbox. Acara musik yang dibawakan oleh Gading Martin dan Andhika Pratama ini secara tegas ditegur oleh KPI lantaran sering menampilkan selebriti pria yang mengenakan busana wanita. Hal itu dinilai KPI sangat tak pantas untuk ditayangkan dan dicemaskan akan ditiru di kalangan pelajar yang menyaksikan acara ini.

4. Pesbuker

Akhir-akhir ini, KPI sering sekali menegur sejumlah acara televisi yang menurut mereka tidak layak untuk ditayangkan. Salah satunya adalah Pesbuker. Gaya lawakan yang ada dalam program ini dinilai KPI kerap menyimpang dari perundang-udangan KPI. Walaupun cukup banyak yang dianggap sebagai pelanggaran, tapi sampai saat ini Perbuker masih ditayangkan. Selain itu, selain pemainnya yang semakin banyak, jam tayang dari acara ini juga menjadi lebih lama.

5. Opera Van Java

Memanfaatkan datangnya bulan Ramadhan, setiap stasiun televisi gencar menayangkan acara televisi berbau islam. Untuk menemani masyarakat dalam membuka dan sahur, acara-acara Ramadhan semakin gencar ditayangkan. Namun sayang, acara tersebut pun rupanya tidak terluput dari teguran KPI. Misalnya Perbukers Ramadhan yang sempat menayangkan Zaskia Gotik yang sedang mempraktekan goyang melorot dan mengarahkan bagian dadanya kepada pria.

Ada pula acara televisi bertajuk Majelis Sakinah yang didalamnya membahas masalah malam pertama antara hubungan suami dan istri. Tidak hanya itu, OVJ sahur pun tak luput dari teguran KPI. Dalam acara tersebut, terdapat adegan mendorong seorang pria yang sampai akhirnya pria itu menabrak wanita yang ada didepannya. Menurut KPI, tayangan tersebut tidak layak untuk dipublikasikan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close