TRENDING NEWS

Friday, Apr 19 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

5 Kebiasaan Yang Acap Diperbuat Orang Yang Kurang Tangkas

2516 2516

March 20, 2017

Jakarta – Dunia yang kita huni terdiri dari beraneka ragam individu dengan level kecerdasan yang berbeda. Hampir tiap manusia beranggapan bahwa mereka adalah orang yang tangkas. Padahal sejatinya sangat rumit untuk mendpat perhitungan yang cermat mengenai kepandaian seseorang.

Ketangkasan merupakan berkah terbaik yang dimiliki oleh seseorang, sehingga tak ayal banyak orang akan beranggapan bahwa diri mereka cerdas. Berikut lima perbedaan antara orang kurang pandai dengan orang pandai yang dilihat dari aspek kebiasaan yang diperbuat ketika menghadapi sebuah keadaan :

1. Orang bodoh umumnya selalu menuduh orang lain atas kesalahan mereka

Mereka yang pintar tidak akan bertindak hal seperti ini. Sebab hal ini tidak kompeten. Mereka yang kurang tangkas tidak siap ambil resiko atas kesalahan yang mereka perbuat. Mereka lebih memilih untuk bersembunyi, menyelamatkan diri sendiri atau langsung melempar kesalahan pada orang lain.

Sedangkan orang yang cerdas akan beranggapan bahwa tiap kesalahan adalah peluang besar untuk belajar melakukan sesuatu yang lebih baik lagi di lain waktu. Sebuah riset neurologis yang dilakukan oleh Jason S. Moser dari Michigan State University telah membuktikan bahwa otak orang cerdas benar-benar bereaksi secara berbeda terhadap sebuah kesalahan.

2. Orang bodoh merasa paling benar

Di kala terjadi kontradiksi, mereka yang tangkas akan lebih berempati kepada orang lain dan memaklumi pertimbangan mereka. orang yang cerdas akan berupaya untuk memperhitungkan kembali opini mereka.

Ketangkasan bisa dideskripsikan dengan kapabilitas seseorang dalam memikirkan dan memahami tiap hal dari perspektif yang berbeda, berpikiran terbuka terhadap berita baru serta mampu mengubah parameter. Sedangkan orang yang bodoh akan terus berargumen, tidak berniat untuk mengalah, dan memandang orang lain lebih rendah dari dirinya.

Berdasarkan studi yang dilakukan di Cornell University yang mengatakan bahwa orang yang tidak kompeten, tidak hanya membesar-besarkan kapabilitas mereka sendiri namun juga tidak mengidentifikasi keunggulan kompetensi orang lain.

3. Orang bodoh kerap melakukan tindakan agresif

Mereka yang kurang tangkas kerap menangani kontradiksi dengan cara agresif untuk mempertahankan kedudukan mereka kala berada dalam sebuah keadaan yang berada diluar ekspektasi mereka. Para peneliti dari University of Michigan juga menjumpai korelasi yang jelas antara tindakan agresif dengan kecilnya angka IQ.

4. Orang bodoh cenderung tak peduli dengan perasaan orang lain

Taraf ketangkasan yang tinggi akan membuat seseorang lebih mudah berbelas kasih dengan orang lain. Russel James dari Texas Tech University dalam risetnya menyatakan bahwa orang-orang dengan IQ yang tinggi akan cenderung untuk memberi kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun.

5. Orang bodoh selalu beranggapan mereka lebih baik dari orang lain

Mereka yang tangkas akan selalu berupaya untuk menyuntikkan motivasi pada orang lain dan membantu mereka. Sementara mereka yang kurang pandai selalu percaya diri dan terlalu cepat mengomentari orang lain.

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Psychological Science di Kanada mengatakan, orang-orang dengan IQ rendah akan mendukung hukuman yang berat. Sementara itu banyak ahli biologi meyakini bahwa ketangkasan seseorang terletak pada kapabilitas mereka untuk bahu-membahu dengan orang lain.

Tags

Related Articles

Otomotif

2516 2516

June 15, 2015

Marc Marquez gagal Dampingi Lorenzo di Podium

DUAKALI.COM, Nasib naas bisa dialami oleh siapa saja, termasuk para pembalap MotoGP. Tetapi nasib naas tersebut ternyata masih mengikuti Marc Marquez dalam seri MotoGP yang diadakan di negerinya sendiri. Hal ini tentunya membuat dirinya gagal bersanding dengan Lorenzo di Podium. Seperti diberitakan oleh CNN Indonesia, dalam musim ini Marc Marquez sudah gagal sebanyak tiga kali, […]

Read More

Gaya Hidup

2516 2516

July 18, 2016

Dengar Musik Dengan Suara Kenceng Bikin Remaja Tuli

Mendengarkan musik memakai “earphone” ialah salah satu aktivitas yang seringkali dilakukan remaja pada dewasa ini. Sayangnya kebiasaan itu bisa menyebabkan masalah kesehatan. Resiko paling besar, mereka mengalami kehilangan pendengaran sebelum berusia 40 tahun. Sebagaimana yang telah diberitakan dari Daily Mail dan dirangkum oleh Godetik, sebuah studi menyibak remaja yang didiagnosis mengalami tinnitus, suara berdenging atau […]

Read More

Nasional

2516 2516

May 5, 2015

JK Isyaratkan Reshuffle, Jokowi Bungkam

Jakarta: Presiden Joko Widodo bungkam saat ditanya isu reshuffle kabinet yang digulirkan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain tanggapan pelepasan Tim Nusantara Sehat Angkatan I yang baru saja digelar di Istana Negara, Jokowi enggan berkomentar. “Ya tanya Pak JK saja. Kita kan baru saja bicara soal nusantara sehat, kamu itu gimana? Kalau enggak ada ya sudah,” […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.