Ada sebagian jenis makanan yang bisa nutrisinya bakal luput bila terkena suhu tinggi. Dengan demikian, apabila dimasak dalam waktu yang lama, maka kudapan yang diasup tidak bisa diharapkan lagi manfaatnya karena sudah hilang saat proses pengolahan.

Oleh karena itu, penyajian paling baik yang disarankan untuk memberikan manfaat bagi tubuh adalah dengan mengasupnya dalam kondisi mentah atau dimasaknya setengah matang. Memang, sebagian besar orang tidak menyukainya, tapi bila anda mau mendapatkan nutrisi baiknya, maka hal itu wajib menjadi bahan pertimbangan anda. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi mentah atau setengah matang.

1. Tomat

Tomat yang mengandung vitamin C yang tinggi sangat baik diasup dalam kondisi mentah atau setengah matang. Selain menyegarkan, hal ini tentunya akan lebih menyehatkan. Kandungan antioksidan yang dimiliki buah ini berkhasiat untuk memberantas radikal bebas. Apabila dimasak, maka nutrisnya akan hilang dan tidak lagi berguna untuk tubuh.

2. Mentimun

Tak sedikit orang yang mengasup mentimun secara mentah, atau sebagai lalapan yang dikonsumsi dengan sambal. Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang suka mengkonsumsinya setelah diolah menjadi acar yang memang akan terasa nikmat saat dimakan sebagai lauk nasi. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi yang dikandungnya, lebih baik dikonsumsi sebagai lalapan saja.

3. Bawang Putih

Perlu anda ketahui, bawang putih memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Namun, sebaiknya anda mengasupnya secara mentah. Pasalnya, apabila dimasak, nutrisinya akan hilang. Bawang putih yang dikonsumsi secara mentah mampu menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol jahat, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Bit

Bit merupakan jenis buah yang kandungan antioksidan dan nutrisinya sangat tinggi. Sangat nikmat sekali apabila diasup dalam bentuk jus, sehingga akan memberikan manfaat langsung untuk kesehatan, utamanya melancarkan proses cerna.

5. Wortel

Wortel yang dibuat jus akan menjadi minuman yang sangat nikmat jika diasup pada pagi dan siang hari. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat dan segar, nutrisi baik yang terkandung didalamnya juga memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here