Gaya Hidup

7 Bahan Alami Yang Ampuh Tuk Atasi Rambut Rontok

Bagi kaum hawa, masalah kerontokan rambut menjadi ancaman yang serius. Pasalnya, masalah rambut rontok ini bisa memicu terjadinya kebotakan yang pastinya begitu mengerikan. Seperti yang telah kita ketahui, rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita, utamanya dalam menunjang penampilan.

Bagi sebagian besar wanita yang mengalami masalah kerontokan rambut, biasanya akan mengatasinya dengan menggunakan shampo maupun melakukan beragam perawatan rambut di salon. Tapinya, tak sedikit juga dari mereka yang memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Dalam pembahasan artikel kali ini, akan dibahas perihal cara alami mengatasi rambut rontok yang dapat dilakukan setiap harinya di rumah dengan perawatan yang sederhana dan mudah. Sejatinya, beragam bahan alami ini lebih menyehatkan dan tidak menimbulkan dampak atau imbas buruk bagi kesehatan rambut. Yuk simak apa saja bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan rambut rontok.

1. Jeruk Nipis

Cara merawat rambut dengan bahan alami yang pertama adalah jeruk nipis. Tak hanya berkhasiat untuk meluputkan sakit tenggorokan, jenis buah yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut. Untuk penggunaannya sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian. Usapkan jeruk tersebut pada bagian kulit kepala anda secara merata. Setelah mendiamkannya selama 20 menit, bilaslah menggunakan shampo.

2. Kemiri

Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang kaya akan kandungan minyaknya. Selain mampu membuat rambut anda lebih hitam, kemiri juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut serta menjadikan akar rambut semakin kuat.

Untuk mengaplikasikannya, siapkan beberapa butir kemiri, kemudian sangrai sampai warnanya menguning. Haluskan kemiri tersebut sampai berminyak, lalu oleskan ke seluruh bagian permukaan rambut anda. Diamkanlah selama 15 menit, lalu cuci rambut dengan shampoo hingga bersih.

3. Lidah Buaya

Masalah rambut rambut juga dapat dilenyapkan dengan memanfaatkan khasiat dari lidah ekstrak lidah buaya. Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta menyehatkannya. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu membalutkan lender lidah buaya ke seluruh permukaan kulit kepala anda. Diamkan hingga 20 menit, lalu cuci mengunakan shampoo. Untuk mendapat hasil yang optimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Manfaat lidah buaya

4. Yoghurt

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, yoghurt juga memiliki khasiat untuk melenyapkan masalah rambut rontok. Anda hanya perlu membalutkan yoghurt pada seluruh permukaan rambut anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih dengan menggunakan shampoo.

5. Madu

Masalah rambut rontok juga bisa diluputkan dengan memanfaatkan madu alami yang sudah tidak kita ragukan lagi kemujarabannya. Tak hanya dapat menangani kerontokan rambut, madu juga merupakan bahan alami yang mampu menjadikan rambut lebih subur dan kuat. Caranya sangat simpel, anda hanya perlu membalutkannya ke seluruh permukaan kulit kepala, pijat-pijat kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan menggunakan shampo.

6. Jahe

Umumnya, jahe dimanfaatkan sebagai minuman penghangat tubuh. Namun nyatanya, jahe juga dapat digunakan untuk melenyapkan masalah kerontokan rambut. Caranya, haluskan jahe dengan bawang putih menggunakan blender, lalu balutkan ke seluruh permukaan rambut anda. Diamkan hingga beberapa menit, lalu bilas menggunakan shampo sampai bersih.

7. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan proteinnya dan berkhasiat untuk memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhan rambut anda. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskannya dan membalutkannya secara menyeluruh ke seluruh permukaan rambut anda. diamkanlah sampai 15 menit, lalu cuci hingga bersih menggunakan shampo.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close