TRENDING NEWS

Sunday, Apr 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

7 Makanan Penambah Darah Yang Dianjurkan Tuk Pengidap Anemia

2516 2516

November 16, 2016

Beragam suplemen serta vitamin penambah darah sangat vital untuk meningkatkan darah bagik, untuk ibu hamil, ibu menyusui, maupun bagi mereka yang ingin tekanan darahnya tetap terjaga kestabilannya. Pada dasarnya, anemia dipicu oleh berbagai faktor seperti asupan makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tak sehat, dan kurang tidur.

Akibat dari masalah anemia ini, tak hanya mampu membuat tubuh menjadi lelah, tapinya juga bisa menjadikan penderitanya merasa pusing dan gelisah berlebihan. Apabila sudah terjadi kondisi seperti itu, maka beragam aktivitas yang anda lakukan bisa terganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dianjurkan untuk mengasup beragam jenis makanan penambah darah yang kaya akan kandungan zat besinya. Jenis makanan seperti ini sangatlah krusial bagi wanita hamil dan pengidap anemia sebagai upaya untuk mendongkrak kadar hemoglobin. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

1. Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi adalah bayam. Tak hanya zat besi, sayuran hijau yang bernama latin Spinacia ini juga mengandung vitamin B9, vitamin C, zat besi, kalsium, beta karoten, vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, disebutkan bahwa mengasup setengah cangkir bayam yang direbus memiliki kandungan zat besi sebesar 3,2 mg.

2. Daging merah

Makanan penambah darah yang juga sangat baik untuk diasup adalah daging merah, baik itu daging sapi maupun kambing. Di dalamnya, daging merah kaya akan kandungan zat besi sehingga mudah diserap di dalam tubuh. Selain dagingnya, beberapa organ tubuh hewan yang mengandung zat besi yang tinggi adalah hati, ginjal, dan juga jantung.

3. Buah Bit

Mengasup buah bit merupakan buah penambah darah yang ampuh meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. Tidak hanya itu, buah bit juga mampu mengaktifkan kembali sel-sel darah merah. Jika sel darah tersebut telah aktif kembali, maka oksigen yang akan tersalur ke dalam tubuh akan kembali meningkat. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan mencampurkannya dengan tomat, wortel, buah bit, dan paprika sebagai salad atau bisa juga diolah menjadi jus.

4. Madu murni

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk kurang darah. Mengasup madu setiap harinya sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan tubuh. Asupan madu sebanyak 1 sendok makan mengandung 0.42 mg zat besi. Tidak hanya itu, madu juga menyimpan senyawa tembaga serta magnesium yang mampu mendongkrak tingkat hemoglobin di dalam darah.

5. Tomat

Makanan penambah darah lainnya yang sangat baik diasup bagi penderita anemia adalah tomat. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan beta karoten, vitamin, dan juga asam folat. Mengasup jenis buah yang satu ini secara rutin sangat vital untuk menyehatkan tubuh, salah satunya adalah untuk mendongkrak sel darah merah di dalam tubuh.

6. Buah delima

Makanan penambah darah lainnya yang bisa diasup oleh pengidap anemia adalah buah delima. Pada dasarnya, gangguan kesehatan ini ditandai oleh beberapa hal, seperti terganggunya pendengaran, mudah lelah, dan juga pusing. Buah delima diklaim berperan sebagai antioksidan yang juga krusial untuk membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya.

7. Selai Kacang

Selai kacang juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penambah darah yang direkomendasikan untuk para pengidap anemia. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, hanya dengan mengasup dua sendokk makan selai kacang, maka kandungan zat besinya sebesar 0,6 mg.

Tags

Related Articles

Tekno

2516 2516

December 22, 2015

Pengimpor ZUK dipanggil Kominfo karena palsukan Sertifikat

DUAKALI.COM –┬áKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memanggil PT Bintang Cemerlang, pengimpor ZUK Z1 yang terbukti melakukan pemalsuan sertifikasi. Langkah ini usai penelusuran oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang menindak laporan dari masyarakat tersebut mengenai ZUK Z1. Seperti diketahui, PPNS ini merupakan penyidik yang berasal dari kalangan PNS untuk melakukan investigasi terhadap tindak pidana […]

Read More

Otomotif

2516 2516

March 12, 2015

Fiat Chrysler Tarik 700 Ribu SUV Karena Masalah Starter

Washington – Pabrikan otomotif Fiat Chrysler┬ámenarik kembali (recalls) 702.578 unit SUV dan minivan miliknya untuk memperbaiki masalah starter yang rusak. Menurut laporan regulator keamanan AS, starter tersebut dapat membuat mesin tiba-tiba mati. Melansir Autonews pada Senin (9/3/2015), recalls tersebut meliputi Dodge Caravan dan Chrysler Town dan Country minivan yang diproduksi tahun 2008 dan 2010 dan […]

Read More

Gaya Hidup

2516 2516

November 18, 2016

Beragam Bahan Alami Yang Ampuh Menebalkan Bulu Mata

Bagi sebagian besar kaum hawa, bulu mata merupakan salah satu bagian yang krusial dalam menunjang kecantikan mereka setiap harinya. Hal inilah yang menjadikan mereka menggunakan beragam produk kecantikan agar bulu matanya jadi cantik dan panjang. Tanpa mereka sadari, sebenarnya penggunaan produk kecantikan tersebut dapat menjadikan bulu mata anda menjadi rontok ataupun rusak. Agar tidak menimbulkan […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.