Beragam suplemen serta vitamin penambah darah sangat vital untuk meningkatkan darah bagik, untuk ibu hamil, ibu menyusui, maupun bagi mereka yang ingin tekanan darahnya tetap terjaga kestabilannya. Pada dasarnya, anemia dipicu oleh berbagai faktor seperti asupan makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tak sehat, dan kurang tidur.

Akibat dari masalah anemia ini, tak hanya mampu membuat tubuh menjadi lelah, tapinya juga bisa menjadikan penderitanya merasa pusing dan gelisah berlebihan. Apabila sudah terjadi kondisi seperti itu, maka beragam aktivitas yang anda lakukan bisa terganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dianjurkan untuk mengasup beragam jenis makanan penambah darah yang kaya akan kandungan zat besinya. Jenis makanan seperti ini sangatlah krusial bagi wanita hamil dan pengidap anemia sebagai upaya untuk mendongkrak kadar hemoglobin. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

1. Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi adalah bayam. Tak hanya zat besi, sayuran hijau yang bernama latin Spinacia ini juga mengandung vitamin B9, vitamin C, zat besi, kalsium, beta karoten, vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, disebutkan bahwa mengasup setengah cangkir bayam yang direbus memiliki kandungan zat besi sebesar 3,2 mg.

2. Daging merah

Makanan penambah darah yang juga sangat baik untuk diasup adalah daging merah, baik itu daging sapi maupun kambing. Di dalamnya, daging merah kaya akan kandungan zat besi sehingga mudah diserap di dalam tubuh. Selain dagingnya, beberapa organ tubuh hewan yang mengandung zat besi yang tinggi adalah hati, ginjal, dan juga jantung.

3. Buah Bit

Mengasup buah bit merupakan buah penambah darah yang ampuh meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. Tidak hanya itu, buah bit juga mampu mengaktifkan kembali sel-sel darah merah. Jika sel darah tersebut telah aktif kembali, maka oksigen yang akan tersalur ke dalam tubuh akan kembali meningkat. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan mencampurkannya dengan tomat, wortel, buah bit, dan paprika sebagai salad atau bisa juga diolah menjadi jus.

4. Madu murni

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk kurang darah. Mengasup madu setiap harinya sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan tubuh. Asupan madu sebanyak 1 sendok makan mengandung 0.42 mg zat besi. Tidak hanya itu, madu juga menyimpan senyawa tembaga serta magnesium yang mampu mendongkrak tingkat hemoglobin di dalam darah.

5. Tomat

Makanan penambah darah lainnya yang sangat baik diasup bagi penderita anemia adalah tomat. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan beta karoten, vitamin, dan juga asam folat. Mengasup jenis buah yang satu ini secara rutin sangat vital untuk menyehatkan tubuh, salah satunya adalah untuk mendongkrak sel darah merah di dalam tubuh.

6. Buah delima

Makanan penambah darah lainnya yang bisa diasup oleh pengidap anemia adalah buah delima. Pada dasarnya, gangguan kesehatan ini ditandai oleh beberapa hal, seperti terganggunya pendengaran, mudah lelah, dan juga pusing. Buah delima diklaim berperan sebagai antioksidan yang juga krusial untuk membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya.

7. Selai Kacang

Selai kacang juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penambah darah yang direkomendasikan untuk para pengidap anemia. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, hanya dengan mengasup dua sendokk makan selai kacang, maka kandungan zat besinya sebesar 0,6 mg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.