7 Manfaat Buah Berry Untuk Kesehatan Bila Diasup Secara Rutin

7 Manfaat Buah Berry Untuk Kesehatan Bila Diasup Secara Rutin

Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang krusial untuk menghambat penurunan kinerja otak yang terjadi akibat penuaan. Sebuah penelitian yang di

Sejuta Manfaat Bayam Tuk Kesehatan
Theraphy Pijat Vagina, Tren Anyar Yang Bikin Ketagihan
Ladies, Hindarkan 8 Makanan Ini Saat Sedang Haid

Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang krusial untuk menghambat penurunan kinerja otak yang terjadi akibat penuaan. Sebuah penelitian yang diselenggarakan di Harvard membuktikan bahwa mengasup berry secara rutin mampu menghindari hilangnya memori pada otak sampai 3 tahun lamanya.

Menurut Nancy Copperman, dari Public Health Initiatives di The North Shore-LIJ Health System, New York, buah berry memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, dimana kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang ampuh menyingkirkan masalah peradangan dan menjaga sel tubuh dari ancaman radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, berry juga kaya akan kandungan anthocyanin yang tak hanya berperan untuk memberikan warna, tapinya juga mempunyai kemampuan untuk melewati pembatas antara otak dan darah mengarah ke bagian otak yang berperan sebagai alat pengingat dan berpikir.

Otak merupakan suatu bagian dalam tubuh yang sangat krusial untuk memonitoring serta mengontrol seluruh fungsi tubuh. Dengan demikian, setiap kita direkomendasikan untuk selalu menjaga kesehatan otak, salah satunya dengan mengasup sayuran maupun minum jus buah secara rutin.

Jenis buah yang direkomendasikan adalah buah berry yang tidak hanya baik untuk otak, tapinya juga sangat berperan krusial untuk kesehatan tubuh. Bahkan, jenis buah yang satu ini dikenal sebagai sumber antioksidan dan anti-inflamasi lantaran sebagian besar kandungan yang dimilikinya memberikan polifenol, anthocyanin, serta warna. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah berry lainnya untuk kesehatan.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah berry seperti blueberry dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidannya. Perlu kita ketahui, antioksidan punya peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara melenyapkan ancaman radikal bebas yang membahayakan. Bagi anda yang ingin tetap sehat dan kebal terhadap serangan penyakit, dianjurkan untuk mengasup buah ini secara rutin dan teratur.

2. Membuang lemak berlebih di dalam tubuh

Manfaat buah berry berikutnya adalah meluputkan lemak berlebih di dalam tubuh. Dengan kata lain, jenis buah yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, jenis buah yang satu ini memiliki kalori yang rendah, sehingga mampu mengatasi problema pada metabolisme tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan otak, manfaat buah berry juga krusial untuk mempertajam penglihatan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Archives of Opthamology menyebutkan bahwa mengasup 3 buah berry setiap harinya bisa membantu mencegah menurunnya fungsi mata pada usia lanjut sampai 36%.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Mengasup satu mangkuk berry memberikan 4 gram asupan serat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan serat larut yang dimiliki buah ini mampu meresap sampai 15 kali beratnya dalam air. Dengan demikian, hal itu dapat mendongkrak cairan ke usus serta memperlancar pencernaan di dalam tubuh anda.

5. Mencegah penyakit jantung

Tak hanya mampu melancarkan pencernaan, manfaat buah berry lainnya adalah mencegah seseorang mengidap penyakit jantung. Wanita yang mengasup 3 porsi buah ini setiap minggunya mampu memperbesar pembuluh arteri yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

6. Mengatasi kanker

Kandungan senyawa fenolik yang dimiliki buah berry diklaim ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam usus besar. Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita yang rutin mengasup buah berry mengalami pengurangan sel kanker, utamanya kanker ovarium.

7. Menurunkan kadar gula

Manfaat buah berry juga bisa dirasakan oleh anda pengidap diabetes. Pasalnya, jenis buah yang satu ini memiliki kandungan glikemik yang rendah. Dengan demikian, buah ini punya peran untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
Butuh bantuan? Chat Online 24 Jam