Ketika kram perut sedang melanda, tentunya sangat mustahil untuk kita melakukan rutinitas seperti biasanya. Umumnya penyebab kram perut sendiri adalah menstruasi atau masalah pencernaan. Apakah hal ini dapat diatasi dengan cara yang alami? Jawabannya adalah bisa.

Ketika mengalami perut kram, sebenarnya ada beragam jenis makanan yang bisa diasup untuk segera mengatasinya. Ingin tahu apa saja makanan yang bisa diandalkan untuk mengobati kram perut, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Pepaya

Untuk mengatasi kram perut, anda bisa memanfaat khasiat dari pepaya. Jenis buah yang punya nama latin Carica Papaya L ini juga ampuh untuk membantu anda memberantas sembelit dan gangguan pencernaan. Kandungan chymopapain dan enzim papain yang dimiliki buah ini mampu memecahkan protein serta menyamankan perut.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan, bahkan jenis buah yang satu ini kerap direkomendasikan bagi para pelari marathon. Pasalnya, mengasup pisang mudah dicerna oleh tubuh dan tidakk akan mengganggu perut. Kandungan pektin yang ada didalamnya juga ampuh untuk memperlancar buang air besar.

3. Nasi

Saat kram perut melanda, anda bisa mengatasinya dengan mengasup nasi, kentang rebus, ataupun roti. Pasalnya, kudapan ini diklaim mampu menenangkan stres serta membantu memperlancar sistem cerna di dalam tubuh. Tak hanya mampu mengatasi kram pada perut, kandungan karbohidrat yang terkandung didalamnya juga ampuh mengatasi diare.

4. Jahe

Kram perut yang menyiksa dapat diatasi dengan mengasup minuman jahe. Sebuah studi yang mengikutsertakan 150 wanita untuk meminum jahe hangat setiap harinya selama menstruasi membuktikan bahwa minuman jahe ampuh meringankan rasa sakit. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengupasnya, kemudian iris tipis. Lalu rebus dengan menambahkan satu potong lemon. Setelah mendidih, angkat dan minumlah selagi hangat.

kram-perut

5. Teh hangat

Tak hanya mampu menenangkan pikiran, nyatanya teh hangat juga mampu meredakan kram perut yang melanda. Selain mujarab untuk mengurangi gejala yang bersangkutan dengan gangguan usus, teh hangat juga ampuh mengatasi rasa mual.

6. Yoghurt

Mengasup susu ketika sedang dilanda kram pada perut biasanya dapat memperparahnya, tapinya yoghurt punyak efek yang berbanding terbalik. Minuman menyegarkan yang satu ini faktanya mampu meredakan kram pada perut. Yoghurt memiliki bakteri baik yang krusial untuk mendongkrak kesehatan usus, mengatasi gangguan sistem cerna, serta perut kembung.

Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga tinggi akan kandungan kalsiumnya sehingga mampu memberantas kram perut ketika sedang menstruasi. Selain itu, sebuah studi menyebutkan bahwa diet dengan menggunakan produk susu yang tinggi akan kandungan kalsiumnya mampu mengatasi gelaja PMS sebesar 40%.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, maupun bayam yang kaya akan kandungan mineral magnesium rupanya mampu mengatasi kram pada perut lho. Mungkin sayuran ini tidak ada dalam daftar pola makan anda, tapinya saat kram perut melanda anda, anda bisa memasukan jenis makanan ini ke dalam menu makan setiap harinya. Didalamnya, sayuran hijau juga punya kandungan postasium, kalsium, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C ini mampu meringankan gejala PMS.

8. Salmon

Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita yang mengasup makanan ber-omega 3 mengalami rasa nyeri yang lebih ringan ketika PMS jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Kandungan ini dapat ditemukan tidak hanya di dalam salmon, melainkan pada ikan sarden, trout, dan juga makarel. Agar kram perut sewaktu menstruasi dapat teratasi, anda bisa mengasup ikan paling tidak dua kali dalam satu minggu. Kandungan omega-3 juga bisa anda dapatkan pada telur, kenari, dan juga biji rami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here