Nasional

Biodata dan Karir Gemilangnya Paul Pogba di Dunia Sepak Bola

Nama Lengkap : Paul Labile Pogba

Tempat Lahir : Perancis

Tanggal Lahir : 15 Maret 1993

Klub saat ini : Manchester United

Tinggi : 186 cm

Paul Pogba adalah salah satu sosok pemain berkebangsaan Perancis yang punya karir cemerlang bersama Juventus di Serie A. Selama merumput bersama Juventus, Pogba mendapatkan posisi sebagai gelandang dengan kemampuan yang sangat baik dalam hal bertahan maupun menyerang.

Pemain berusia 23 tahun itu mengawali kiprahnya di dunia sepak bola semenjak tahun 1999. Saat itu, ia masih berumur 6 tahun dan tergabung dalam sebuah klub lokal, yakni Roissy-en-Brie. Di klub tersebut, Pogba merintis karirnya selama 6 tahun.

Menginjak usia 12 tahun, Paul Pogba tergabung dalam tim junior Torcy FC. Akan tetapi, ia hanya membela klub ini selama satu musim. Kemudian, Pogba melanjutkan karirnya membela Le Havre FC dan bermain selama 2 tahun.

Di musim keduanya membela Le Havre, Pogba didaulat sebagai kapten tim U-16 Havre dan kala itu ia berhasil memboyong klubnya melaju ke babak final di liga domestik. Kala itu, ia pun sukses membawa klubnya itu menempati posisi kedua dibawah Lens.

Tak hanya itu, performa mumpuninya juga berhasil memboyong Le Havre melampaui pencapaian klub-klub elit lainnya seperti Nancy dan Lyon. Berkat prestasinya yang gemilang, banyak sejumlah klub elit Eropa memiliki ketertarikan untuk menggunakan jasa dari pemain kelahiran 15 Maret 1993 itu.

Selanjutnya, pada tahun 2009, Paul Pogba resmi tergabung ke sebuah akademi sepak bola The Red Devils dan berkesempatan membela skuad inti Manhester United kala ia berumur 17 tahun. Namun sayang, kala itu ia hanya diberikan peluang bermain sebanyak 3 kali saja. Atas dasar itulah, akhirnya Pogba memutuskan untuk berlabuh ke klub serie A, yakni Juventus FC.

Ketika membela Juventus, Paul Pogba dijuluki dengan sebutan Paul si Gurita lantaran ia mempunyai kaki panjang dan ia pun diibaratkan seperti tentakel gurita saat melakukan tackling maupun ketika berlari. Semenjak ia hadir ke Vecchia Signora, Pogba kembali mencapai kegemilangan sampai akhirnya dipercaya untuk masuk ke tim inti.

Pogba dinilai sebagai sosok pemain yang berkualitas dan mampu memberikan warna tersendiri bagi Juventus. kepiawaiannya dalam mengontrol serta mengolah bola seringkali menjatuhkan lawan. Bahkan tendangan kerasnya pun mampu menjadi senjata utamanya dalam memecahkan dead-lock.

Karir Paul Pogba

Pergerakan yang dimilikinya pun sering menjadikan rivalnya kerepotan saat ia ditempatkan untuk membantu lini serang. Ketika ia diposisikann sebagai pemain bertahan, kecepatan lari dan kuatnya talking yang dimilikinya seringkali menjadikan rivalnya kewalahan untuk menembus pertahanan Juventus.

Berkat memiliki performa yang semakin mumpuni, Paul Pogba pun menjadi buruan sejumlah klub besar di Eropa. Manchester City dan Manchester United termasuk di dalamnya. Bahkan keduanya berlomba-lomba untuk melakukan transfer Paul Pogba.

Sementara itu, karir Paul Pogba bersama Timnas Prancis telah terhitung semenjak pemain Pogba tergabung bersama Timna U16. Bersama tim tersebut, Pogba ditunjuk sebagai kapten tim dan ia sukses memboyong Prancis menjawarai Piala Aegea dan Tournoi du Val-de-Marne. Selain itu, Pogba juga pernah berlaga di penghelatan kompetisi UEFA 2010.

Dalam bursa transfer pemain 2015/2016 ini, Paul Pogba sudah resmi diboyong Manchester United dengan banderol yang begitu fantastis, yakni 89 juta poundsterling. Angka ini menjadikannya berhasil memecahkan rekor sebagai pemain termahal dunia mengalahkan rekor Gareth Bale yang saat didatangkan Real Madrid, nilai transfernya sebesar 85 juta poundsterling.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close