Cegah Kanker Payudara Dengan Meluputkan Kebiasaan Buruk Ini

Cegah Kanker Payudara Dengan Meluputkan Kebiasaan Buruk Ini

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umumnya melanda kaum wanita. Bahkan tak sedikit kasus penyakit ini yang menjadi penyebab kemati

Bunga Zainal Jadi Korban Malpraktik Dokter Hewan
Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini
Pakai Bra Saat Tidur Pemicu Kanker Payudara? Ini Faktanya

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umumnya melanda kaum wanita. Bahkan tak sedikit kasus penyakit ini yang menjadi penyebab kematian wanita yang utama. Tapinya, para ladies tidak perlu mengkhawatirinya, karena ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker payudara.

Salah satu cara untuk mencegah jenis penyakit yang mematikan ini adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti mengasup buah-buahan dan sayuran, menghindari minuman beralkohol, dan rutin berolahraga. Apabila dibandingkan dengan pria, wanita punya hormon progesterone dan estrogen yang lebih tinggi, sehingga kaum wanita lebih rentan untuk mengalami kanker payudara.

Faktanya, 5 hingga 10 persen seseorang yang mengidap penyakit ini dipicu oleh bawaan genetik. Tapinya, pola hidup yang tak sehat pun berpeluang besar menjadi penyebab kanker payudara. kebiasaan buruk meminum alkohol pada dasarnya bisa mendongkrak hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker itu sendiri.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengasup 2 hingga 5 gelas alkohor setiap harinya dapat meningkatkan resiko kanker sebesar 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Untuk itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari apabila anda ingin mencegah penyakit ini. Ladies, yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Hindari kebiasaan merokok

Perlu anda ketahui, zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat memicu beragam jenis kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Meskipun resikonya semakin besar seiring dengan bertambahnya usia, tapinya merokok sejak masih muda juga mampu meningkatkan risiko penyakit yang mematikan ini.

2. Menyusui

Tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan bayi, faktanya Air Susu Ibu juga memberikan dampak positif bagi setiap ibu yang rutin menyusui. Kegiatan menyusui ini nyatanya mampu menstabilkan hormon estrogen. Dengan demikian, ibu yang menyusui lebih kecil mengalami penyakit ini apabila dibandingkan dengan mereka yang tidakk menyusui.

3. Hindarkan penggunaan pil KB berlebih

Bagi anda pasangan muda yang ingin menunda kehadiran buah hati, sebaiknya hindarkan mengasup pil KB secara berlebih. Faktanya, kebiasaan ini akan memunculkan risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Karena, mengasup pil KB dapat mendongkrak kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang memicu penyakit ini.

4. Rutin berolahraga setiap hari

Cara mencegah kanker yang paling efektif dan terbukti keampuhannya ialah berolahraga secara teratur. Pada dasarnya, olahraga mampu meminimalisir tingkat sirkulasi estrogen dan racun di dalam tubuh yang secara bersamaan dikeluarkan bersama dengan urin dan juga keringat.

5. Rutin melakukan pemeriksaan payudara secara rutin

Untuk memastikan payudara anda tidak bermasalah, upayakan selalu melakukan pemeriksaan guna melihat ada tidaknya perubahan bentuk serta benjolan pada payudara anda. Jika ada, janganlah ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter supaya bisa mendapatkan pertolongan secepatnya. Jika perlu, anda bisa melakukan mammogram untuk memastikannya secara pasti.

Untuk menjaga kesehatan payudara, upayakan untuk melakukan pengecekan minimalnya selama 6 bulan sekali, baik menggunakan teknik mammogram, sonogram, maupun MRI. Untuk pemeriksaan setiap harinya, anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan melakukan gerakan SADARI.

Tapinya sayang, saat ini tak sedikit wanita yang sering meluputkan pemeriksaan payudara secara berkala. Untuk itu, sebaiknya anda memanfaatkan alat pembantu yang bisa mengingatkan anda. Lakukan pemeriksaan ini setiap harinya agar kesehatan payudara tetap terjaga dan terhalau dari penyakit kanker payudara yang mematikan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
Butuh bantuan? Chat Online 24 Jam