Berita Bola

Conte Tetap Menaruh Harapan Pada Costa Meski Sedang Inkonsisten

Liga Inggris – Harus berbagi angka dengan Burnley, Chelsea mungkin layak mendapatkannya. Selain performa mereka yang memang kurang memuaskan, performa kubu tuan rumah pun makin menyulitkan The Blues mengembangkan permainan. Sang pemuncak klasemen pun menjadi korban kesekian dari Turf Moor yang merupakan benteng yang tangguh musim ini.

Sejatinya The Blues saat ini masih menghuni posisi tertinggi klasemen sementara Premier League, meskipun mereka gagal menambah keunggulan poin mereka menjadi 12. Tapi, di sepanjang laga, pasukan Antonio Conte terlihat kerepotan mengembangkan pemainan mereka. Setela gol yang dihasilkan oleh Pedro, Chelsea seperti mematikan mesin mereka dan bermain lebih santai, sesuatu yang kemudian sukses dimanfaatkan Turf Moor untuk menyeimbangkan kedudukan.


Satu hal yang mungkin cukup mengecewakan Conte adalah performa dari striker andalannya, Diego Costa. Laga melawan Burnley menjadi pertandingan ketiga berturut-turut dimana Costa tidak berhasil mencetak satu gol pun. Bahkan, pada laga kontra The Clarets, Costa hanya melontarkan dua tembakan yang dengan mudah dihadang oleh lini bertahan Burnley. Tentu ini menjadi sesuatu yang cukup mencemaskan mengingat Conte pun seprtinya belum mempercayai Michy Batshuayi sepenuhnya.

Bila ingin sedikit membela Costa, performa bek sayap Victor Moses dan Marcos Alonso pun dinilai kurang memuaskan. Alhasil, Costa tidak mendapat suplai bola yang banyak. Perubahan formasi yang digunakan Conte jelang akhir laga pun tidak banyak menolong Costa. Kegigihan Michael Keane dkk pun berhasil mematahkan aksi penyerang kebangsaan Spanyol tersebut yang kini sudah melakoni 329 menit tanpa mengemas gol di semua kompetisi sejauh ini.

Jika menilik ke beberapa bulan terakhir, prestasi Costa memang sedang kurang stabil. Sempat dikabarkan akan angkat koper dari Stamford Bridge, Costa kemudian bersitegang dengan staf pelatih The Blues yang membuatnya sempat tidak masuk ke skuat Chelsea. Ditambah lagi pada pekan sebelumnya, dimana ia tidak berhasil menjadi penentu kemenangan Chelsea ketika eksekusi titik putihnya masih bisa diselamatkan oleh Simon Mignolet. Berbagai kontroversi yang melandanya dalam beberapa bulan terakhir mungkin sedikit mengganggu mental sang striker.

Pertandingan Chelsea berikutnya akan dipertemukan dengan tim asal Championship, Wolverhampton, pada kompetisi FA Cup. Conte sendiri diperkirakan akan merombak timnya pada laga ini dan menurunkan Batshuayi sebagai striker utama. Tapinya, tentu tidak ada ruginya bila Conte memainkan Costa sejak awal, atau memberinya jatah bermain lebih sebagai pelapis. Melawan tim dengan kasta bawah tentu bisa menjadi saat-saat Costa kembali menemukan titik baliknya kembali sebelum pada pekan selanjutnya kembali bermain di Liga Primer Inggris kontra Swansea.

Sesungguhnya, kontribusi gol Costa yang cukup menurun tidak membuat Conte terlalu cemas. Baik Pedro ataupun Eden Hazard kini telah kembali rajin mencetak gol dan menghilangkan dependensi pada sang ujung tombak. Namun, akan lebih baik lagi jika Conte memiliki lini serang yang subur dalam mencetak gol. Dan, anggota inti lini depan tersebut tentunya adalah Diego Costa.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close