TRENDING NEWS

Thursday, Mar 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Dengar Musik Dengan Suara Kenceng Bikin Remaja Tuli

2516 2516

July 18, 2016

Mendengarkan musik memakai “earphone” ialah salah satu aktivitas yang seringkali dilakukan remaja pada dewasa ini. Sayangnya kebiasaan itu bisa menyebabkan masalah kesehatan. Resiko paling besar, mereka mengalami kehilangan pendengaran sebelum berusia 40 tahun.

Sebagaimana yang telah diberitakan dari Daily Mail dan dirangkum oleh Godetik, sebuah studi menyibak remaja yang didiagnosis mengalami tinnitus, suara berdenging atau berdering di dalam telinga terus meningkat. Hal ini menjadi salah satu dari gejala kehilangan pendengaran yang seharusnya terjadi pada usia lanjut.

Yang mencemaskan, para remaja biasanya tidak memperdulikan kondisi ini dan tidak pingin mengeceknya ke dokter. Menindaklanjuti laporan dan studi mengenai tinnitus pada remaja, tim peneliti di University of Sao Paulo’s Medical School menggunakan otoscope untuk memeriksa telinga 170 responden usia 11-17 tahun.

Berikutnya, peneliti mewawancarai para responden tentang tinnitus dan menanyakan apakah pernah mengalami hal tersebut dalam 12 bulan terakhir. Jika mengalaminya, seberapa volume, durasi dan frekuensi yang mereka gunakan.

Hasilnya 54,7% pernah mengalaminya dan mengaku mendengarkan musik dengan suara kencang setiap harinya. “Tingkat rata-rata ini mengkhawatirkan. Jika generasi remaja saat ini terus mengekspose dirinya dengan tingkat suara yang tinggi, mereka kemungkinan akan kehilangan pendengaran sebelum berusia 30 atau 40 tahun,” terang profesor THT, Tanit Ganz Sanchez.

Untuk menanggulanginya, para responden diminta untuk tidak mendengarkan musik dengan volume yang tinggi dari usia 20 atau 25 tahun. Hal ini bisa merusak “sinapsis” sel rambut koklea mereka secara permanen. Tapinya, hal ini tidak diperhatikan para remaja lantaran mereka tidak merasa khawatir seperti orang dewasa.

“Kami mendapatkan banyak ABG mengalami tinnitus, tapinya tidak seperti orang dewasa, mereka tidak takut dan tidak memberitahukannya kepada orangtua atau guru. Dampaknya, mereka tidak dicek oleh dokter atau ahli THT sehingga problemnya bisa menjadi serius,” ungkapnya.

Tinnitus disebabkan oleh kerusakan sel rambut koklea di dalam telinga yang melonggar dan berpenciutan sesuai dengan dengung suara yang diterima. Suara yang sangat keras di klab atau mendengarkan lewat headphone memicu sel ini kelebihan muatan. Akibatnya rusak secara temporer dan permanen.

Berikutnya kerusakan tersebut membuat sisi telinga lainnya dituntut untuk “bekerja keras”, menggantikan fungsi yang hilang. Ini yang memicu tinnitus dan tuli.

Tags

Related Articles

Kesehatan

2516 2516

April 27, 2016

Beragam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari agar sang ibu dan janinnya tetap sehat. Asupan makanan yang sakit sangat dibutuhkan oleh sang ibu karena diusia kehamilan muda, sangat rentan mengalami keguguran. Utamnya pada usia kehamilan trisemester pertama, ibu hamil wajib memenuhi asupan mineral dan vitamin sehingga janin berkembang dengan baik. Berikut […]

Read More

Selebritis

2516 2516

May 31, 2016

HB Entertainment Rilis Jadwal Penayangan Cinderella and the Four Knights

Serial drama terbaru bertajuk Cinderella and the Four Knights akhirnya sudah dipastikan jadwal penayangannya. Namun, serial drama yang dibintangi oleh Park So Dam, Ahn Jae Hyun, Na Eun A Pink, Jung Il Woo, Jung Shin CN Blue, dan Choi Min i ni akan mengumumkan tanggal premiernya di pekan depan. ‚ÄúCinderella and the Four Knights sudah […]

Read More

Nasional

2516 2516

April 30, 2015

Ini Alur Pendistribusian Naskah UN SMP di Jakarta

Jakarta: Naskah soal Ujian Nasional (UN) SMP dipastikan akan sampai di Ibu Kota pada hari Jumat 1 Mei, dari percetakan di Surabaya. Naskah itu dikawal dan diserah terima dari Polda Jawa Timur ke Polda Metro Jaya. Kepala Seksi SMP Sudin Pendidikan Jakarta Barat Wilayah 1, Asep S. Effendi mengatakan, soal itu akan diterima sekitar pukul […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.