Disambangi Jokowi, Toyota Naikkan Ekspor 3x Lipat & Investasi Rp10 Triliun

Jakarta: Perusahaan automotif asal Jepang, Toyota, menyanggupi permintaan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor tiga kali lipat dibandingkan saat ini. Adapun ekspor yang akan dilakukan pihak Toyota baik komponen maupun mobil. Sehingga setara dengan di Thailand.

“Sekarang Thailand tujuh ratus ribuan, di Indonesia baru dua ratus ribuan, tadi komitmennya itu. Tapi dia (Presiden Toyota) juga minta agar dibantu visa kerja, angkutan barang dari pabrik ke pelabuhan, ketiga masalah berurusan berkaitan dengan pelabuhan,” papar Presiden Jokowi, saat mendatangi pabrik Toyota, di Nagoya, Jepang, seperti dilansir dari laman Setkab, Rabu (25/3/2015).

Selain itu, ungkap Jokowi, Toyota sudah menyampaikan bahwa akan berinvestasi Rp 20 triliun. Menurut dia, jika investasi Toyota tersebut masuk ke Indonesia, maka investor lainnya akan mengikuti karena membangun kepercayaan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan rombongan melakukan peninjauan pada bagian Assembly Line milik Toyota, dan menjumpai 36 orang pekerja dari Toyota Indonesia yang tengah menjalani pelatihan di sana.

“Belajar yang rajin ya,” pesan Presiden Jokowi singkat kepada para pekerja Toyota asal Indonesia itu.

Sekadar informasi, ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri BUMN Rini Sumarno, Panglima TNI Moeldoko, dan Duta Besar Jepang.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta anggota rombongan akan melanjutkan kunjunganya ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), melalui Bandar Udara Internasional Chubu Centrair Nagoya, Jepang.

AHL

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here