TRENDING NEWS

Thursday, Mar 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

DPR Akan Gaduh Jika Presiden Tak Segera Lantik Budi Gunawan

2516 2516

February 18, 2015

DUAKALI.COM, JAKARTA – Disetujuinya praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan, membuat Kalangan Komisi III DPR yang membidangi hukum menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri definitif. Jokowi dianggap keliru kalau tak melantik Budi dan politikus Senayan bakalan protes.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia (18/2/2015), Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyatakan sudah seharusnya Presiden Jokowi segera mengumumkan keputusan soal polemik calon Kapolri Budi Gunawan. “Dan keputusannya itu seharusnya melantik Budi Gunawan,” kata Arsul saat dihubungi CNN Indonesia.

Arsul mengatakan jika Presiden Jokowi tidak melantik Budi maka akan terjadi keributan di DPR sebagai reaksi negatif dari para politikus. “Bisa menimbulkan kegaduhan politik yang bakal berkepanjangan,” ujar dia.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan ini mengingatkan konsekuensi logis yang harus Presiden Jokowi lakukan setelah DPR menyetujui dan mengesahkan pencalonan tunggal Budi Gunawan sebagai kapolri oleh Jokowi. “Sidang praperadilan mengabulkan Budi dan menyatakan penetapan tersangka pada Budi tidak sah,” kata Arsul.

Arsul berpendapat keputusan hakim yang memenangkan pihak Budi Gunawan atas Komisi Pemberantasan korupsi dalam praperadilan dari sisi praktik hukum bukan hal yang luar biasa. “Harus diingat dalam praktik hukum kita banyak ketentuan KUHAP yang keluar dari original intent, kelyar dari maksud asal atau asli,” ujarnya.

Dengan demikian, menurut Arsul, keputusan hakim praperadilan Budi Gunawan adalah hal yang lazim dan tidak menyalahi dari segi praktik hukum meskipun melenceng dari KUHAP bila dilihat dari aliran hukum limitatif.

Anggota Komisi III lainnya, Syarifudin Sudding, juga menyatakan Jokowi harus melantik Budi Gunawan. “Tidak ada pilihan lain sekarang, Budi sudah tak berstatus tersangka, dan dia yang dulu ajukan oleh Jokowi dan DPR sudah menyetujuinya,” tutur Syarifudin kepada CNN Indonesia, Selasa (17/2).

Menurut politikus Partai Hanura ini bila Presiden Jokowi tidak melantik Budi maka di DPR akan terjadi kegaduhan sebagai bentuk protes kepada Jokowi. Hal ini, menurut Syarifudin, dapat memicu pengajuan hak interpelasi dan angket.

Tags

Related Articles

Tekno

2516 2516

October 13, 2016

Coolpad Note 5 Usung RAM 4G Berbanderol 2 Jutaan

Agar mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan, kini Coolpad tengah gencar berinovasi untuk meluncurkan sejumlah produk smartphone unggulannya. Kali ini, pabrikan ponsel asal China itu menghadirkan produk anyarnya dengan mengandalkan spesifikasi yang mumpuni dan dibanderol dengan harga yang bersahabat, yakni Coolpad Note 5. Smartphone ini hadir dengan layar sentuh berdimensi 5.5 ini yang didukung oleh […]

Read More

Otomotif

2516 2516

November 29, 2015

Jaguar Land Rover Akan Absen Di Detroit Auto Show 2016

DUAKALI.COM – Perusahaan otomotif asal Inggris, Jaguar Land Rover Automotive (JLR), menyatakan tak akan ikut serta dalam Detroit Auto Show 2016 pada Januari 2016. “Fokus kami sedang terarah pada acara internasional yang lain. Setelah sedikit rapat internal, kami memutuskan tidak ikut serta,” kata juru bicara Jaguar Land Rover, Maria Rodriguez, seperti dikutip Autoblog. Kabar absen […]

Read More

Otomotif

2516 2516

April 6, 2016

Kompetisi Skutik Memanas Suzuki Mulai Pundung

Ada gula ada semut, seenggaknya jadi pernyataan yang tepat untuk menggambarkan segmen skuter matik Tanah Air. Punya segmen pasar terbesar, membuat beberapa pabrikan berlomba lakukan penetrasi di segmen ini, walau ada juga yang hanya berspekulasi, dan akhirnya berdarah-darah. Suzuki, sepertinya jadi salah satu merek yang mulai merasa pundung bermain di arena panas ini. Pihak Suzuki […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.