Ferrari 488 GTB, Jelmaan Sang Legenda 308 GTB

Jakarta: Supercar Ferrari 488 GTB yang mengawali debutnya di Geneva Motor Show 2015 menjadi tolak ukur baru. 40 tahun sejak peluncuran mobil mid-rear-engined V8 Berlinetta pertamanya, yakni model 308 GTB, Ferrari kini membuka babak baru dalam sejarah mobil dengan rancangan khusus ini.

488 GTB menunjukkan performa terbaiknya, terutama dalam hal pencapaian tenaga yang sentuh 670 daya kuda. Namun dengan kontrol mesin yang canggih, mobil diklaim tetap mudah dikendalikan bahkan oleh pengendara pemula sekalipun.

Teknologi dan keahlian Ferrari dalam balapan Formula One dan balap ketahanan diterapkan pada model ini. Para teknisi Ferrari berhasil memformulasikan suatu ilmu unik hasil pengamatan terhadap tingkat kedinamisan mobil ekstrim ini, bila dikemudikan oleh pengemudi non-profesional.

Angka 488 pada moniker mobil, menunjukkan kesatuan perpindahan mesin (engine’s unitary displacement). Sementara huruf GTB merupakan singkatan dari Gran Turismo Berlinetta, mengacu pada akar sejarah Ferrari.

Didesain oleh Ferrari Style Centre, setiap lekukan dari Ferrari 488 GTB merupakan rancangan yang benar-benar baru. Desain tonjolkan kesan sporty dari mobil itu, namun tetap mempertahankan garis-garis klasik halus dan murni yang merupakan ciri khas dari gaya legendaris Ferrari.

Tenaga 670 daya kuda berasal dari mesin V8 berkapasitas 3.900 cc, yang juga mampu menghasilkan torsi 750 Nm. Transmisi dual-clutch gearbox F1 dengan tujuh percepatan jadi jodohnya.

Tenaga besar dan teknolgi canggih akan percuma tanpa didukung aerodinamika yang baik. Makanya desain 488 GTB ini menggabungkan desain yang dipatenkan, seperti blown rear spoiler, underbody aerodinamis dilengkapi dengan vortex generators.

Hasilnya adalah tingkat efisiensi baru dari sebuah mobil Ferrari, downforce meningkat hingga 325 kg pada 250 kilometer per jam. Ini disebabkan oleh perangkat aerodinamika aktif yang mampu menurunkan drag dan dalam waktu yang sama menghasilkan downforce saat dibutuhkan.

Di Indonesia, Ferrari 488 GTB akan dijual pertengahan tahun nanti, bersamaan dengan gelaran Ferrari Challenge Asia-Pasifik di Sirkuit Sentul, Bogor.

UDA

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.