Duakali – Mengunjukan kesungguhannya bermain di segmen Virtual Reality (VR), HTC memperkenalkan Viveport. Sebuah platform yang berisi segudang konten VR.

Viveport sesungguhnya punya kelebihan yang serupa seperti platform Gear VR by Oculus besutan Samsung. Bedanya Viveport ini disajikan untuk perangkat VR Vive garapan HTC sendiri. Seperti platform Gear VR, pengguna bakal dimanjakan dengen deretan konten VR yang ada di dalamnya.

Viveport akan dipenuhi oleh aplikasi yang karakternya hiburan, edukasi, dan lainnya. Tentu saja semuanya berjalan dalam format VR.

Uniknya lagi, Viveport akan tersedia untuk berbagai platform mulai dari PC, mobile hingga web. Inilah yang kemudian bikin Viveport sedikit lebih baik dari platform Gear VR, lantaran platform Gear VR masih terbatas untuk mobile.

Seperti dipahami, HTC Vive sesungguhnya sudah berkorelasi dengan platform Steam VR yang merupakan distributor game digital ternama di dunia. Walaupun menyodorkan kelebihan sama, namun Viveport dipastikan tak akan mengganggu Steam VR.

Pasalnya Viveport lebih fokus pada aplikasi non game, sementara untuk masalah konten game diandalkan sepenuhnya oleh Steam VR sebagai rekanan HTC. Produsen Taiwan ini juga menyebut telah membuka pendaftaran bagi pengembang yang berminat mengembangkan aplikasi VR, untuk berikutnya dilokasikan di Viveport.

Mulanya Viveport baru akan tersaji di China, tapinya HTC menjamin platform VR rogohannya itu segera tersedia secara global pada sekitar akhir tahun 2016 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.