TRENDING NEWS

Sunday, Mar 24 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Inilah Beberapa Manfaat Saat Anda Menghela Napas

2516 2516

April 23, 2016

Pada umumnya orang mendesah atau menghela napas setiap lima menit atau sekitar 12 kali dalam satu jam. Faktanya, setiap mamalia di planet ini mendesah menurut Jack Feldman, profesor neurobilogi di UCLA.

Menurut pengkajian Feldman, mendesah merupakan bagian penting tuk menjaga fungsi paru-paru yang benar. Pakar lainnya menyatakan mendesah juga bisa dikaitkan dengan meminimalkan stres, frustasi, kerinduan dan beberapa masalah emosi lainnya.

Menghela napas membuat Anda tetap hidup

“Setiap Anda hela napas dimulai dengan napas normal, selepas itu Anda menambahkan napas lainnya. Dan disaat Anda menjalani kegiatan harian, napas tersebut terjadi secara berkala,” ucapnya.

Mengapa bisa terjadi? paru-paru Anda dikemas dengan ratusan juta alveoli yang sudah dijelaskan Feldman seperti balon kecil yang dapat mengembang setiap kali Anda bernapas. Alveoli ini bertugas untuk memberikan oksigen pada darah Anda dimana jantung memompanya ke seluruh tubuh.

Namun demikian, sesekali balon-balon kecil tersebut kolaps dan ketika itu terjadi mereka mengembang seperti mencoba meniup udara ke balon basah. Mendesah menarik udara ekstra ke dalam paru-paru Anda yang membantu membuka semua alveoli kecil yang runtu Tanpa menghela napas, balon akan mengempis dan menumpuk hingga darah Anda akan gagal untuk menerima oksigen yang cukup hingga akhirnya bisa ‘membunuh’ Anda.

Menghela napas semakin sering saat Anda stres

Jikalau stres, tubuh dan otak dibanjiri banyak hormon dan bahan kimia lain yang kan bantu anda tuk ambil sebuah tindakan. Menghela napas dapat membantu tubuh Anda melawan efek buruk dari ketidakmampuan mengontrol stres. Banyak penelitian menunjukkan, pernapasan dapat menangkal stres dan kecemasan. Jadi, menghela napas mungkin cara tubuh Anda untuk bisa tenang setelah panik ataupun emosi.

Menghela napas membantu Anda menata ulang emosi

Menarik napas telah lama dihubungkan dengan emosi tertentu yang terus beragam dari waktu ke waktu. Misalnya, menghela napas bisa menurunkan emosi, mengungkapkan rasa rindu, sedih hingga putus asa.

Tags

Related Articles

Selebritis

2516 2516

April 25, 2015

Sandra Bullock Dinobatkan sebagai Wanita Tercantik 2015

Los Angeles: Sandra Bullock dinobatkan sebagai Wanita Tercantik 2015 versi majalah People. Sandra menduduki posisi puncak daftar Wanita Tercantik 2015, mengalahkan 49 perempuan lainnya. Tahun lalu, pemenang Oscar Lupita Nyong’o menduduki puncak daftar tahunan Wanita Tercantik versi majalah People.  Selebritas lain yang pernah mendapatkan penghargaan ini yakni Jennifer Lopez, Beyonce, Michelle Pfeiffer, dan Catherine Zeta-Jones. […]

Read More

Olahraga

2516 2516

March 3, 2015

Taekwondo Indonesia Targetkan Dua Emas di Sea Games

Jakarta: Tim Pelatnas Taekwondo menargetkan dua medali emas dalam SEA Games XVIII di Singapura Juni mendatang. Hal ini diungkapkan pelatih Taekwondo Indonesia Rahmi Kurnia. “Kami berharap satu emas bisa didapatkan dari kelas Kyorugi dan satu emas lagi dari kelas Poomsae” kata Rahmi di Jakarta Minggu (1/3/2015). Dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara kali ini Rahmi melanjutkan ada […]

Read More

Tekno

2516 2516

June 22, 2016

Wow, Robot Pepper Ini Dipekerjakan Sebagai Resepsionis Rumah Sakit

Di Belgia, terdapat dua buah rumah sakit yang mempekerjakan petugas reseptionis berbentuk robot yang dirancang sama dengan manusia. Robot bernama Pepper tersebut, bahkan telah deprogram agar dapat berinteraksi dengan manusia dan memahami emosi yang dimiliki seseorang. Menariknya lagi, ia juga bisa dijadikan sebagai robot untuk ditempatkan di pusat-pusat perbelanjaan, bank, bahkan di stasiun kereta api. […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.