Berita Bola

Mane Bukan Satu-satunya Penentu Hasil Bagi Liverpool

Sadio Mane (Liverpool) 2017

Liga Primer Inggris – Sadio Mane menjadi tokoh vital atas kembalinya Liverpool ke jalur positif akhir pekan lalu. Walaupun begitu, bukan berarti dia adalah tokoh penentu nasib The Reds.

Armada yang dinahkodai oleh Jurgen Klopp memetik tiga poin ketika menghantam kesebelasan asal London, Tottenham Hotspur dengan perolehan angka 2-0 di Anfield pada matchday ke-25 Premier League, Minggu (11/02) kemarin. Kedua angka itu disumbangkan oleh Mane hanya dalam rentang waktu dua menit, yaitu di menit ke-16 dan 18. Itu merupakan kemenangan perdana The Reds di Liga primer Inggris di tahun 2017 ini, setelah lima laga yang telah mereka lalui. Dalam jangka waktu itu, mereka hanya memperoleh tiga hasil seri dan dua kekalahan.

Dari semua partai yang dijalani oleh The Reds, laga ini merupakan kemenangan kedua yang diperoleh kesebelasan yang ditukangi oleh Klopp dalam 11 laga di tahun 2017. Dalam 11 laga itu, mereka hanya memetik hasil imbang sebanyak empat kali dan menderita lima kekalahan. Masa-masa buruk itu kerap dihubung-hubungkan dengan ketidakhadirannya Mane. Pemain berkebangsaan Senegal itu memang sempat absen cukup lama karena ikut memperkuat negaranya di kompetisi Internasional, Piala Afrika 2017.

Mane absen di tujuh pertandingan, di mana The Reds hanya memetik satu kemenangan dalam jangka waktu itu dan menderita empat kekalahan. Tapi rekan setimnya, Georginio Wijnaldum, menyangkal dugaan timnya terlalu menggantungkan beban pada Mane, meski ia juga sempat menyebutnya sebagai sosok penting bagi tim.

Menurut Wijnaldum, sudah terlalu banyak media yang membicarakan Mane yang memang sudah mencetak gol yang tidak sedikit jumlahnya untuk Liverpool. Dia merasa rentetan hasil buruk yang didapat oleh timnya karena absennya Mane. Padahal sebelum Mane pergi untuk mengikuti kompetisi Piala Afrika, Liverpool sendiri memang punya rapor bagus kecuali saat melawan Sunderland yang kala itu mereka tidak mendapatkan hasil maksimal.

Pekan lalu, The Reds masih tetap melanjutkan tren negatifnya meskipun telah diperkuat kembali oleh Mane, Wijnaldum juga memaparkan bahwa di lain sisi, sangat tidak adil bagi pemain lain bila dikatakan karena Mane-lah Liverpool bisa menang. Wijnaldum tidak menyangkal jika Mane memang pemain yang hebat. Mane memiliki kecepatan diatas rata-rata, dan dia pun merupakan salah satu mesin gol milik Liverpool, wajar saja jika pemberitaan miring tentang Liverpool yang tidak dapat memaksimalkan performanya ketika tidak diperkuat oleh Mane mencuat begitu saja.

Jika situasinya pemain lain seperti Phil Coutinho yang menderita cedera, dan The Reds mengalami rentetan hasil yang kurang memuaskan karena absennya Coutinho, Wijnaldum yakin pemberitaan media akan berubah menjadi Liverpool mengalami hasil buruk karena absennya Phil Coutinho.

Berdasarkan opini Wijnaldum, memang tidak adil bila berkata The Reds mendapat rentetan hasil kurang memuaskan karena absennya satu punggawa mereka, seperti Mane. Mereka mendapat hasil buruk karena kurangnya komunikasi antar pemain dan berakibat pada salahnya pengambilan keputusan dilapangan. Inilah yang harus dibenahi oleh Klopp di pertandingan selanjutnya, yang dimana Liverpool akan melawat ke King Power Stadium tanggal 28 Februari mendatang.

Liverpool (Sadio Mane) Vs Tottenham Hotspur 2017

https://www.youtube.com/watch?v=eLMqpHR1lok

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close