Salah satu jenis buah musiman yang selalu dinanti-nantikan masyarakat adalah mangga. Jenis buah yang bernama latin Mangifera indica ini mempunyai aroma serta rasa yang khas, dan saat matang akan terasa manis. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis mangga, seperti mangga arum manis, mangga apel, mangga gadung, mangga manalagi, dan masih banyak lagi.

Tapinya jenis mangga yang paling banyak digemari masyarakat adalah mangga arum manis dan mangga gadung. Pasalnya, kedua jenis buah tersebut memiliki daging buah yang tebal dan rasanya pun sangat manis. Selain terasa nikmat ketika dikonsumsi, buah ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Di dalamnya, buah mangga miliki kandungan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengasup 1 buah mangga, maka tubuh akan mendapatkan asupan gula sebanyak 23 gr, kalori 100 gr, lemak 0,5 gr, vitamin B6 10%, vitamin A 20%, karbohidrat sebanyak 25 gr, serat 3 gr, protein 1 gr, vitamin C 100% dari kebutuhan harian, dan potassium sebesar 8%. Tak hanya itu, terkandung pula sumber mineral seperti zat besi, betakaroten, antioksidan, kalsium, mangan, dan zeaxathin.

Nah, dengan beragamnya kandungan yang dimiliki buah mangga yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan, anda bisa menjadikan jenis buah yang satu ini sebagai cemilan sehat anda di waktu senggang. Kali ini akan dibahas manfaat buah mangga untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Memelihara kesehatan mata

Buah mangga menyimpan kandungan vitamin A yang tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, vitamin ini sangat krusial untuk menjaga kesehatan mata, mengoptimalkan penglihatan, serta mencegah terjadinya masalah pada mata, seperti katarak dan lain sebagainya.

2. Menguatkan sistem imunitas tubuh

Salah satu manfaat buah mangga yang perlu kita ketahui adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C. Apabila terserap di dalam tubuh, maka akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih yang berperan aktif dalam menghalau masuknya penyakit ke dalam tubuh.

3. Memperkuat tulang

Tak hanya baik untuk tubuh, tapinya manfaat buah mangga juga dapat diperoleh untuk memperkuat tulang. Di dalamnya, jenis buah yang satu ini menyimpan kandungan mineral, seperti kalsium yang sangat vital untuk kesehatan tulang, khususnya dalam meningkatkan kepadatan tulang serta mengoptimalkan struktur tulang. Dengan kata lain, buah mangga mampu menghindari seseorang untuk mengidap osteoporosis.

4. Mencegah anemia

Selain kalsium, jenis buah yang satu ini juga menyimpan kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini sangat krusial untuk tubuh, utamanya untuk membentuk sel-sel darah merah, sehingga tubuh terluputkan dari masalah anemia.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Khasiat buah mangga yang selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Di dalamnya, mangga memiliki kandungan serat pangan yang tinggi. Kandungan ini sangat krusial untuk memperlancar sistem pencernaan dan menjadikannya terhindar dari resiko gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan sebagainya.

6. Melenyapkan radikal bebas

Buah mangga juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, dimana kandungan ini berkhasiat untuk meluputkan radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, maka tubuh akan terbebas dari ancaman beragam penyakit berbahaya, seperti kanker kulit, dan lain sebagainya.

7. Bermanfaat untuk diet

Manfaat mangga untuk diet juga dapat kita peroleh apabila diasup secara rutin dan dalam porsi yang tepat. Di dalamnya, jenis buah yang satu ini miliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi. Terdapat pula kandungan lemak yang hanya sebanyak 0,5 gram saja, sehingga sangat baik jika dikonsumsi untuk menyukseskan program diet anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.