Pahami Fungsi Yellow Box Junction, Bantu Petugas Mengurai Macet

Pahami Fungsi Yellow Box Junction, Bantu Petugas Mengurai Macet

Jakarta: Dalam berkendara sebaiknya mematuhi peraturan lalu lintas dan mengenal fungsi rambu serta marka jalan demi keselamatan dan kepentingan bersam

Bangkai BMW M1, Laris Dibanderol Rp1,6 Miliar
Bangkok Motor Show 2015, Angkat Kembali Perekonomian Thailand
Mercedes-Benz C 250 Exclusive, Kemewahan Eropa Dirakit Lokal

Jakarta: Dalam berkendara sebaiknya mematuhi peraturan lalu lintas dan mengenal fungsi rambu serta marka jalan demi keselamatan dan kepentingan bersama. Terutama yang berkaitan dengan kemacetan di persimpangan.

Salah satu marka jalan yang sangat jarang ditaati adalah marka berbentuk kotak warna kuning atau disebut Yellow Box Junction (YBJ) yang terdapat di persimpangan lampu merah. Biasanya marka ini ditempatnya pada zona yang rawan macet dan tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi.

Menurut Kompol Miyanto KASI LAKA Polda Metro Jaya, “Operasionalisasi YBJ dimaksudkan agar persimpangan di jalan-jalan utama tidak terkunci pada waktu puncak kepadatan lalu lintas.

Dengan adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau, pengguna jalan dari arah lain yang belum masuk YBJ harus berhenti, ketika ada kendaraan dari arah lain di dalam YBJ. Mereka baru dapat melintas jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar dan terurai.

Bagi pengendara yang tetap memaksa melintas ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan di tilang karena melanggar marka jalan.

Hal tersebut diatur dalam penjelasan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop. Pidananya kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

“Meskipun adanya rambu, marka jalan, dan petugas di lapangan yang mengatur lalu lintas, namun hal terpenting adalah tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara,” ujar Kompol Miyanto KASI LAKA Polda Metro Jaya saat ditemui di sela-sela kesibukannya di Kantor Lantas Polda Metro Jaya.
UDA

Sumber : metrotvnews.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
Butuh bantuan? Chat Online 24 Jam