TRENDING NEWS

Sunday, Apr 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Pemerintah Diminta Naikkan Harga BBG

2516 2516

March 22, 2015

JAKARTA – Anak usaha dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yakni PT Gagas Energi Indonesia menyatakan salah satu kendala tidak tertariknya pihak swasta membangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dikarenakan harga bahan bakar gas (BBG) yang masih rendah.

Saat ini harga jual BBG ke konsumen di Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) sebesar Rp 3.100 per Liter Setara Premium (LSP) dinilai masih belum ekonomis.

“Harga gas saat ini memang belum pada harga keekonomian. Kalau belum mencapai harga keekonomian, maka swasta belum akan tertarik ikut membangun,” kata Presiden Direktur Gagas Energi Indonesia, Danny Praditya usai acara The 9th Natural Gas Vehiclea (NGV) & Infrastructure Indonesia Forum and Exhibition, Kamis (19/3/2015).

Untuk itu, ia meminta pemerintah untuk mengevaluasi harga BBG supaya menarik swasta membangun SPBG. Harga yang dia usulkan yakni Rp 4.500 per LSP.

Dengan kenaikan harga tersebut diharapkan pihak swasta tertarik masuk untuk membangun infrastruktur gas seperti SPBG. Mengingat terbatasnya kemampuan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

“Kalau pemerintah mengundang swasta, maka harga keekonomisan harus diperbaiki,” ujar dia.

Selain itu, untuk menarik pihak swasta ikut membangun SPBG adalah memberikan alokasi gas yang sama. Sehingga ada kesetaraan antara pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurut Danny, saat ini Gagas Energy Indonesia telah menganggarkan dana sebesar 32 juta dolar AS untuk pembangunan infrastruktur gas. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun 15 SPBG di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Ngurah Wiratmajda mengakui, harga Rp 3.100 per LSP masih terlalu murah sehingga mengurangi margin dari pelaku usaha. Namun harga tersebut untuk menjaga daya beli masyarakat.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah kata dia sedang membahas adanya insentif yang akan diberikan ke para pelaku usaha tersebut.

“Ini masih kami diskusikan. Insentif apa yang bisa kami berikan,” tandasnya.(Pratama Guitarra)

Sumber : tribunnews.com

Tags

Related Articles

Otomotif

2516 2516

April 23, 2015

Tiga Lulusan SIC Kuasai Podium SAC Seri Perdana

Jakarta: Optimisme yang ditunjukkan tiga lulusan Suzuki Indonesia Challenge (SIC) membuahkan hasil. Mereka mendominasi kejuaraan Suzuki Asian Challenge (SAC) seri-1 yang berlangsung dalam dua kali race, di sirkuit Sepang, Malaysia, pada Sabtu dan Minggu, 18 dan 19 April. Pada race pertama, Andreas Gunawan menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang mampu meraih podium dengan menempati posisi kedua. […]

Read More

Tekno

2516 2516

June 21, 2016

Asus Zenfone Pegasus 3, Smartphone Elegan Berbalut Casing Metal

Di pasar ponsel China, Asus secara resmi sudah merilis smartphone terbarunya bernama Zenfone Pegasus 3. Perangkat ini hadir dengan desain yang elegan karena dibalutnya casing metal yang begitu menawan. Ponsel yang dibekali dengan sensor sidik jarinya ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2,6 juta sampai Rp 3 juta. Mengusung sistem operasi Android 6.0 Marshmallow […]

Read More

Otomotif

2516 2516

April 19, 2015

Sedang Uji Jalan, New BMW Seri-7 Malah Nabrak Mobil Polisi

Model flagship BMW yakni sedan Seri-7 dikabarkan terlibat tabrakan dengan mobil patroli polisi setempat. Peristiwa ini sendiri terjadi di sebuah jalanan di kota Stuttgart, Jerman. Mobil prototipe itu pun langsung ditutupi seusai terlibat kecelakaan. Menurut seorang sumber, kondisi BMW hancur berantakan pada bagian depan, sementara mobil polisi terpental sampai hampir terguling dengan posisi roda kanan […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.