TRENDING NEWS

Sunday, Mar 24 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Perkuat Peran RI dalam KAA, Jokowi Disarankan Angkat Dubes Khusus

2516 2516

April 22, 2015

Jakarta: Presiden Jokowi disarankan mengangkat duta besar khusus Asia Afrika untuk memperkuat peran RI. Mengingat kawasan ini penuh konflik, maka dubes khusus ini wajib memiliki kemampuan diplomasi dan negosiasi tingkat tinggi

“Untuk memainkan peran di Asia-Afrika diperlukan orang yang memiliki kemampuan besar. Pemerintah perlu menunjuk duta besar khusus, misalnya untuk ikut menangani konflik,” kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, seperti dikutip Antara, Senin (20/4/2015).

Menurutnya, pengangkatan duta besar khusus itu diperlukan, karena Presiden Joko Widodo tampaknya lebih berkonsentrasi pada urusan dalam negeri. Hal itu berbeda dengan mantan Presiden Soekarno yang bisa menggagas Konferensi Asia Afrika pada 1955.

“Bisa saja Presiden Jokowi seperti Presiden Soekarno, tetapi dalam konteks yang berbeda. Presiden Soekarno pandai berorasi, bahkan di tingkat internasional, dengan bahasa Inggris yang fasih,” tuturnya.

Menurut Hikmahanto, Presiden Joko Widodo tidak bisa menyamai Soekarno, tetapi tetap bisa mewujudkan semangat yang dikobarkan Sang Proklamator pada Konferensi Asia Afrika 1955. “Tidak harus dilakukan oleh Presiden Jokowi sendiri. Presiden bisa menunjuk orang lain yang dinilai memiliki kemampuan,” katanya.

Menurut Hikmahanto, Indonesia memiliki beberapa diplomat yang memiliki kemampuan dan layak diangkat menjadi duta besar khusus itu, misalnya, mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Selain mengangkat figur yang tepat untuk menjadi duta besar khusus, pemerintah harus memiliki inisiatif menyediakan dana. Sebab, untuk ikut berperan menyelesaikan konflik di kawasan Asia Afrika, diperlukan dana yang tidak sedikit.

Indonesia harus bisa mengajukan gagasan yang orisinal yang didasari oleh Dasasila Bandung. Indonesia bisa mengajukan gagasan agar permasalahan di kawasan Asia-Afrika mampu diselesaikan oleh bangsa Asia-Afrika sendiri tanpa intervensi Barat.

“Selama ini, banyak konflik di Asia-Afrika yang berdampak internasional, tidak bisa diselesaikan sendiri oleh bangsa Asia-Afrika. Indonesia bisa mengajukan semangat Dasasila Bandung supaya negara-negara Asia-Afrika bisa menyelesaikan sendiri masalahnya,” katanya.

FZN

Sumber : metrotvnews.com

Tags

Related Articles

Nasional

2516 2516

August 27, 2015

Dhani Tantang Ahok Selesaikan Macet TB Simatupang

DUAKALI.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendapat tantangan dari musisi Ahmad Dhani. Melalui akun Twitternya, sang musisi menantangnya membereskan kemacetan di Jalan TB Simatupang. Mengetahui tantangan tersebut, Ahok hanya menanggapi dengan santai. Dia menilai Ahmad Dhani tidak memperhatikan apa yang disampaikannya selama ini.  Sebab, Jakarta akan sangat macet di era kepemimpinannya. […]

Read More

Gaya Hidup

2516 2516

February 24, 2017

5 Obat Diare Alami Yang Sudah Terbukti Kemanjuranya

Diare merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diakibatkan oleh dehidrasi, sehingga sangat krusial bagi setiap kita untuk mengetahui apa saja obat diare yang manjur. Pada dasarnya, apabila sistem imunitas yang dimiliki penderitanya baik, maka diare dapat sembuh dengan sendirinya. Tapinya jika terjadi secara terus menerus, tentunya akan sangat mengganggu kegiatan kita dan […]

Read More

Internasional

2516 2516

August 19, 2015

Desa Yang Terabaikan, Kini Menjadi Objek Wisata

DUAKALI.COM – Di Pulau Shengshan, Provinsi Zhejiang, Cina, terdapat sebuah desa kecil yang kini menjadi sorotan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Dikarenakan desa tersebut menampilkan pemandangan yang luar biasa hingga membuat decak kagum bagi yang melihatnya. Pulau ini dulunya adalah sebuah desa yang dihuni oleh para nelayan. Sayangnya, sejak ada perkembangan industri lokal membuat para […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.