TRENDING NEWS

Thursday, Mar 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Remaja Australia Bomber ISIS Tewas di Irak

2516 2516

March 14, 2015

Canberra – Seorang remaja asal Melbourne, Australia nekat bergabung dengan kelompok teroris ISIS. Namanya Jake Bilardi atau yang dijuluki Jake ‘White Jihadi’.  Belakangan, pemuda 18 tahun dikabarkan tewas dalam aksi bom bunuh diri di Irak.

Akun Twitter organisasi yang berafiliasi dengan ISIS mengunggah foto Jake saat mempersiapkan ksi bom bunuh diri di Provinsi Anbar. Sasarannya adalah markas tentara.
Sejauh ini sulit untuk memastikan kebenaran klaim ISIS tersebut. Namun melalui foto tersebut, ISIS menyatakan Abu Abdullah al-Australi, nama lain Jake Bilardi, merupakan salah satu bomber mereka.

Menurut laporan resmi Pemerintah Irak, sejumlah lokasi di Provinsi Anbar menjadi sasaran aksi pengeboman pada Rabu 11 Maret 2015. Salah satunya adalah markas tentara. Polisi setempat menyebutkan, ada 12 bom mobil meledak secara bersamaan di sejumlah lokasi di Ramadi.

“Dalam serangan bom bunuh diri itu, 17 orang meninggal dunia dan 38 lainnya cedera,” ujar salah satu polisi.

Dalam foto yang beredar, seperti dikutip dari laman ABC News, tampak sebuah mobil yang sedang melewati gang berdebu. Lampu dan kaca pintu belakang mobil itu telah rusak. Lalu, terlihat ada sosok pria kurus berambut panjang, yang mirip Jake Bilardi, duduk di belakang kemudi.

Dalam sebuah blog yang ditemukan The Guardian Australia, Jake menulis namanya dengan Abu Abdullah al-Australi. Di blog itu, ia mengaku berencana melancarkan aksi bom di Melbourne yang menargetkan konsulat asing.

Dari blog tersebut, diketahui bahwa Jake juga mempersiapkan serangan dengan menggunakan pisau dan granat di sejumlah pusat perbelanjaan dan di kafe Melbourne.

“Aku akan meledakkan diri sendiri menggunakan sabuk dengan bahan peledak,” tulis Jake Biladir dalam blog tersebut. “Operasi ini semakin dekat, dan di sini merupakan tempat bagiku untuk menceritakan semuanya.”

Dalam laman tersebut, ia juga mengaku mulai muncul keinginan untuk bergabung kelompok ekstremis sejak usia 5 tahun setelah melihat serangan 9/11 di Amerika Serikat.

Pihak keluarga juga dilaporkan menemukan alat peledak di rumahnya setelah Jake menghilang pada Agustus 2014 lalu. Remaja tersebut kemudian diketahui melarikan diri ke markas para militan sadis. Menanggapi informasi tersebut, pihak Deplu Australia menyebut saat ini sulit memastikan kebenaran informasi kematian warga Australia yang berada di Suriah dan Irak. Namun mereka telah mengimbau warga Negeri Kanguru untuk segera meninggalkan kawasan tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Tony Abbott menyatakan informasi terkait nasib Jake justru menunjukkan kebrutalan ISIS. “Ini sungguh mengerikan. Kita akan berusaha keras mencegah, menjaga, dan mencari pemuda Australia yang kemungkinan menjadi korban selanjutnya,” tandas  Abbott.

Pengamat dari Australian National University (ANU), Professor Michael Wesley berpendapat, “Saya tidak heran jika remaja seusia Jake Bilardi bisa bergabung dengan ISIS, karena kelompok ini memang menyasar anak-anak muda.”

Jake Bilardi sebelumnya oleh media di Inggris disebut sebagai White Jihadi yang berasal dari Inggris. Namun kelompok media Fairfax di Australia belakangan menyebut bahwa Jake adalah remaja asal Melbourne. Phak ABC telah mengkonfirmasi dua sumber yang mengenal Jake Bilardi, dan membenarkan identitas remaja tersebut. (Tnt/Sun)

Sumber : Liputan6.com

Tags

Related Articles

Nasional

2516 2516

November 4, 2015

Regina Mengaku Tidak Trauma Untuk Mencari Suami Baru

DUAKALI.COM – Profesi pengacara sepertinya menjadi sebuah kutukan bagi Regina Andriane Saputri. Pasalnya sempat menjalin kisah asmara bersama dua orang pengacara yaitu Ilal dan Farhat Abbas, dua kali pula hubungan itu kandas di tengah jalan. Regina rupanya tak merasakan trauma sedikitpun meski pernah merasakan kegagalan rumah tangga hingga dua kali. Saat ditemui awak media seusai mengisi sebuah […]

Read More

Olahraga

2516 2516

January 14, 2017

4 Alasan Yang Menguatkan Manchester United Mampu Tandingi Liverpool

Bagi Manchester United, bertanding melawan Liverpool merupakan tantangan terberat yang harus dijalani dengan kekuatan maksimal. Apakah pelatih Manchester United, Jose Mourinho mampu memboyong skuadnya untuk menampilkan performa terbaiknya atau justru sebaliknya? Kini, optimisme yang dimiliki Manchester United memang sangat tinggi. Hal itu terjadi bekat meningkatnya performa mereka dalam dua bulan terakhir ini. Kekecewaan yang dialami […]

Read More

Internasional

2516 2516

March 26, 2015

Delapan Menit yang Mengubah Nasib Germanwings

Paris: Pesawat Germanwings yang jatuh di selatan Pegunungan Alpen, diketahui menurunkan ketinggiannya sebelum akhirnya jatuh. Tidak diketahui apa yang menyebabkan pesawat itu menurun dengan tajam. Menurut keterangan CEO Germanwings Thomas Winkelmann, dalam temuan awal memperlihatkan bahwa pesawat menurun ketinggiannya setelah mencapai ketinggian 38 ribu kaki. Hal itu berlangsung tidak lama setelah pesawat lepas landas dari […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.