Sejak Didirikan, Baru Kali Ini Pesawat Milik Germanwings Telan Korban Jiwa

Frankfurt: Semua pesawat milik maskapai Germanwings tercatat sempurna dalam keselamatan penerbangan. Tidak ada satupun insiden yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Kecuali insiden yang menimpa Germanwings 4U9525 jenis Airbus A320 yang jatuh di pegunungan Alpen, Prancis Selatan, Selasa (24/3/2015) pagi, waktu setempat.

Aviation-safety.net dalam databasenya tidak mencatat adanya kecelakaan fatal sejak maskapai terbesar di Jerman ini beroperasi, yaitu pada 27 Oktober 2002. Kemudian, pada 2010, Majalah Jerman Spiegel hanya melaporkan terjadi pendaratan di Cologne yang mengakibatkan pilot dan co-pilotnya hampir pingsan.

Sementara itu, Lufthansa induk perusahaan dari Germanwings, tidak mencatat kecelakaan kematian setelah menimpa maskapainya jenis Airbus A320-211 dengan nomor penerbangan 2904 pada 14 September 1993. Saat itu, dari 70 orang yang berada di pesawat, terdiri dari 64 penumpang dan 6 awak pesawat, hanya dua orang yang meninggal dunia.

Pesawat itu melampaui landasan pacu ketika melakukan pendaratan saat tiba dari Frankfurt, Jerman, di Bandara Okecie International, Warsawa, Polandia.

Pada 5 November tahun kemarin, Lufthansa A321-200 yang terbang dari Bilbao, Spanyol ke Munich Jerman sempat mengalami kecelakaan. Media Jerman ramai-ramai memberitakan pesawat yang mengangkut 109 orang tersebut. Pasalnya, sang pilot dinilai berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat tanpa korban jiwa setelah dalam perjalanan tiba-tiba menukik tajam di ketinggian minimal 4000 kaki.

Seperti dilaporkan AP pada Selasa (24/3/2015), Germanwings yang merupakan pesawat berbiaya rendah melayani penerbangan hingga 130 tujuan di Eropa dan sekitarnya. Dikabarkan, hingga saat ini maskapai itu memiliki armada 78 unit. Maskapai ini bersaing ketat dengan Easyjet dan Ryanair.

Kendati demikian, kali ini Germanwings mengalami musibah yang sangat berat. Dalam kejadian itu, Presiden Prancis Francois Hollande menduga kuat semua orang di dalam pesawat nahas tersebut menjadi korban jiwa. Mereka berjumlah 150, terdiri dari 144 penumpang dan 6 awak pesawat.

Pesawat hilang kontak di tengah penerbangan dari Bandara El prat Barcelona menuju Dusseldorf, Jerman. Mayoritas korban berkewarganegaraan Jerman dan Spanyol. Sebanyak 16 orang di antaranya ialah siswa SMA Jerman yang baru pulang dari program pertukaran pelajar. Selain itu, ada juga dua orang bayi.

REN

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.