Software 6SigmaDC untuk Maksimalkan Performa Data Center

Pradata Integra Media (PRIME) memperkenalkan 6SigmaDC, sebuah software yang dapat digunakan sebagai simulasi untuk mengetahui efek yang akan terjadi jika infrastruktur perangkat data center diubah, seperti jumlah perangkat, konfigurasi atau bahkan tata letak dari perangkat tersebut.

“Cara kerja 6SigmaDC adalah dengan membuat sebuah model dari keadaan nyata sebuah data center. Jika ada perubahan yang hendak dilakukan, maka perubahan tersebut akan disimulasikan pada model ini terlebih dahulu. Sehingga risiko kegagalan sistem dapat dihindari,” kata Nikolas Budi Pradoto, Managing Director PT PRIME.

Sekarang ini, 6SigmaDC ini telah digunakan oleh data center Pemerintah DKI Jakarta, BPAD Provinsi Riau dan PT Asuransi Jiwasraya.

6SigmaDC menggunakan basis analisa Computational Fluid Dynamic (CFD). CFD adalah sebuah ilmu aritmatika yang digunakan untuk menganalisa aliran udara.

“6SigmaDC dapat simulasi dari perangkat yang digunakan secara detail,” kata Nikolas. Dengan penggunaan software ini, diharapkan risiko downtime dapat dikurangi.
ABE

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.