TRENDING NEWS

Sunday, Apr 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Solusi Mengatasi Badan Drop di Musim Hujan

2516 2516

December 3, 2014

Setiap perubahan musik kemarau ke musim penghujan, kerap kali seseorang mudah terkena penyakit seperti flu dan batuk. Dan terkadang membuat badan menjadi drop dan harus terkapar di kamar hingga beberapa hari. Memang dimusim pancaroba seperti ini tubuh harus benar-benar dijaga agar tidak mudah drop dan terkena penyakit. Solusi Mengatasi Badan Drop di Musim Hujan sendiri setiap orang berbeda, berbeda dengan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Seorang spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan, Rusdian Utama Roeslani, mengatakan bahwa penyakit akan mudah merasuki tubuh seseorang saat beradaptasi dengan perubahan musim, tetapi tergantung dengan badan sendiri.

Seperti dilansir dari tribunNews (3/12), Rusdian Utama dalam diskusi yang diadakan oleh PT. MSD Pharma Indonesia, di Jakarta mengatakan “Ini tergantung badan sendiri, kalau lagi sehat enggak masalah. Kalau lagi capek, lelah, fisik enggak bagus, ada virus yang masuk ke badan akhirnya bisa sakit”.

Penyakit yang sering timbul memasuki musim penghujan, yaitu flu, pilek, batuk, dan demam. Rusdian menjelaskan, jika daya tahan tubuh sedang lemah lalu terkontaminasi virus dan bakteri, dalam 1 kali 24 jam bisa menyebabkan hidung tersumbat. Kemudian tenggorokan terasa kering dan muncul pilek. Jika tidak dicegah, hari berikutnya bisa membuat Anda batuk-batuk hingga batuk berdahak.

“Perubahan suhu ke dingin itu kan yang pertama respon adalah hidung. Produksi lendir berlebih, jadi ingus, lari ke tenggorok bikin radang,” terang Rusdian.

Lalu bagaimana mengatasinya? Rusdian mengatakan, yang terpenting adalah menjaga keseimbangan imun tubuh dengan minum yang cukup, konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan buah-buahan, dan istirahat yang cukup. Sementara itu, untuk tambahan konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi untuk mencegah virus hingga saat ini masih dalam perdebatan.

“Vitamin C sebenarnya dari buah-buahan saja cukup. Kalau terlalu banyak minum tambahan vitamin c, khawatir lambungnya bisa kena,” kata dia.

Untuk mengatasi flu, menurut Rusdian tidak perlu langsung konsumsi obat-obatan. Untuk menghilangkan gejala hidung tersumbat sendiri bisa menggunakan alat semprot hidung. Jika lebih dari lima hari flu tidak hilang juga hingga membuat tubuh demam, segera lah pergi ke dokter.

Tags

Related Articles

Otomotif

2516 2516

June 17, 2016

Cara Mudik yang Menghemat Mengenakan Sepeda Motor

Kecenderungan pulang kampung membonceng sepeda motor dari tahun ke tahun semakin meningkat  meskipun resiko yang dihadapi bila mudik menggunakan sepeda motor lebih tinggi, namun mereka tetap melakukannya dengan pertimbangan lebih cepat sampai dan pastinya lebih menghemat biaya dibandingkan dengan naik moda transportasi yang lain. Alasan lainnya juga agar pemudik dapat memanfaatkan sepeda motornya untuk bersilahturahmi  […]

Read More

Nasional

2516 2516

October 27, 2015

Hukum Kebiri Untuk Pelaku Pelecehan Seksual Terhadap Anak

DUAKALI.COM – Semakin banyaknya kasus kejahatan pelecehan seksual terhadap anak-anak mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Untuk membuat jera para pelaku kejahatan ini, pemerintah berencana memberikan hukuman kebiri kepada pelaku kekerasan seksual. Lantas apa yang terjadi jika seorang pria dikebiri? Ketua Bagian Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Wimpie Pangkahila mengungkapkan, kebiri berdampak pada hilangnya […]

Read More

Tekno

2516 2516

May 2, 2015

BlackBerry Classic Warna Putih Muncul di Indonesia

Di kala masyarakat terbiasa dengan smartphone yang menggunakan layar sentuh, BlackBerry meluncurkan BlackBerry Classic. Seperti namanya, BlackBerry kembali ke konsep awal ketika ponsel buatan mereka menggunakan keyboard QWERTY. BlackBerry mengatakan, pembuatan ponsel ini ditujukan pada orang-orang yang mementingkan kecepatan dan ketepatan dalam mengetik menggunakan keyboard QWERTY fisik. Melihat kesuksesan BlackBerry Classic, BlackBerry memutuskan untuk meluncurkan […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.