Solusi Mengatasi badan Drop Musim Hujan
Orang Bersin/tribunNews/Dian Maharani

Setiap perubahan musik kemarau ke musim penghujan, kerap kali seseorang mudah terkena penyakit seperti flu dan batuk. Dan terkadang membuat badan menjadi drop dan harus terkapar di kamar hingga beberapa hari. Memang dimusim pancaroba seperti ini tubuh harus benar-benar dijaga agar tidak mudah drop dan terkena penyakit. Solusi Mengatasi Badan Drop di Musim Hujan sendiri setiap orang berbeda, berbeda dengan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Seorang spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan, Rusdian Utama Roeslani, mengatakan bahwa penyakit akan mudah merasuki tubuh seseorang saat beradaptasi dengan perubahan musim, tetapi tergantung dengan badan sendiri.

Seperti dilansir dari tribunNews (3/12), Rusdian Utama dalam diskusi yang diadakan oleh PT. MSD Pharma Indonesia, di Jakarta mengatakan “Ini tergantung badan sendiri, kalau lagi sehat enggak masalah. Kalau lagi capek, lelah, fisik enggak bagus, ada virus yang masuk ke badan akhirnya bisa sakit”.

Penyakit yang sering timbul memasuki musim penghujan, yaitu flu, pilek, batuk, dan demam. Rusdian menjelaskan, jika daya tahan tubuh sedang lemah lalu terkontaminasi virus dan bakteri, dalam 1 kali 24 jam bisa menyebabkan hidung tersumbat. Kemudian tenggorokan terasa kering dan muncul pilek. Jika tidak dicegah, hari berikutnya bisa membuat Anda batuk-batuk hingga batuk berdahak.

“Perubahan suhu ke dingin itu kan yang pertama respon adalah hidung. Produksi lendir berlebih, jadi ingus, lari ke tenggorok bikin radang,” terang Rusdian.

Lalu bagaimana mengatasinya? Rusdian mengatakan, yang terpenting adalah menjaga keseimbangan imun tubuh dengan minum yang cukup, konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan buah-buahan, dan istirahat yang cukup. Sementara itu, untuk tambahan konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi untuk mencegah virus hingga saat ini masih dalam perdebatan.

“Vitamin C sebenarnya dari buah-buahan saja cukup. Kalau terlalu banyak minum tambahan vitamin c, khawatir lambungnya bisa kena,” kata dia.

Untuk mengatasi flu, menurut Rusdian tidak perlu langsung konsumsi obat-obatan. Untuk menghilangkan gejala hidung tersumbat sendiri bisa menggunakan alat semprot hidung. Jika lebih dari lima hari flu tidak hilang juga hingga membuat tubuh demam, segera lah pergi ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.