Aplikasi pengarah jalan di ponsel yang sekarang makin mumpuni dan berguna mendorong tren baru pada kalangan pengemudi. Tapinya sering kali terlihat pada mobil, pengemudi menempelkan ponsel di kaca depan mobil, memangnya hal itu boleh dilakukan?

Ada banyak kegunaan kaca depan, selain jadi faktor krusial buat aerodinamis desain mobil juga sebagai penampang utama pandangan pengemudi. Itulah alasannya bidang kaca depan selalu luas dan tanpa halangan agar memaksimalkan visibilitas.

Tentu kegunaannya bakal kurang maksimal jikalau dihalangi sesuatu, misalnya ponsel. Buat yang sulit menghapal jalan atau mau ke lokasi baru, penunjuk arah memang jadi solusi. Tapinya, jika harus menggunakan ponsel setidaknya ditempel pada posisi mengganggu pandangan.

“Untuk perangkat GPS (global positioning system) semestinya tidak menghalangi ruang pandang pengemudi yang dapat menambah blind spot. Kalau saran saya pakai yang model tanam di dasbor sekalian sama sistem audio,” kata Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, via teks, pada hari Selasa kemarin.

Maksud Marcell, semestinya pengemudi menggunakan headunit sebagai layar pengarah jalan. Opsi itu sebenarnya lebih bagus, tapi bukan favorit karena buat mobil yang belum punya maka pengemudi harus membeli. Ponsel tetap dianggap lebih efisien.

“Jikalau harus meletakan dekat pilar A tapinya jangan sampai terlalu menghalangi, usahakan agak sedikit ke atas. Toh, GPS sudah dilengkapi dengan instruksi suara yang dimaksudkan mengurangi pengemudi terus-menerus melihat ke GPS,” ucap Marcell.

Pada semua desain mobil, pilar A adalah titik buta yang mudah dipahami pengemudi. Mendekatkan ponsel ke dekat situ bisa lebih mudah diadaptasi, meski masih tergantung ukuran ponsel. Menurut Marcell lagi, posisi dekat pilar A masih lebih bagus ketimbang meletakan ponsel di lingkar kemudi. Posisi yang lebih tidak dianjurkan lagi, menempel ponsel di tengah kaca depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.