Tiga Spesies Baru 'Godzilla Mini' Ditemukan

Andes: Tiga spesies baru kadal berwarna cerah telah ditemukan di Ekuador dan Peru, dua negara yang dikenal dengan keragaman flora dan fauna.

Spesies kadal yang penampilannya mirip monster fiksi “Godzilla” berukuran kecil itu ditemukan di hutan hujan tropis Andes. Area ini merupakan surga bagi ilmuwan yang berambisi menemukan lebih banyak spesies baru.

“Masih banyak spesies kadal yang belum dapat kita temukan, walau sekarang kita berada di abad ke-21,” ucap Omar Torres Carvajal dari Museum QCAZ Zoology Universitas Pontifical Katolik Ekuador.

Tim Carvajal menemukan dan mengklasifikasikan tiga spesies baru itu menjadi: Enyalioides altotambo, Enyalioides anisolepis dan Enyalioides sophiarothschildae.

“Ketiga kadal ini memiliki warna dan morfologi yang mencolok,” kata Carvajal, seperti dikutip AFP, Rabu (15/4/2015). Tiga kadal ini dapat tumbuh hingga sepanjang 40 sentimeter.

Penemuan tiga spesies baru ini menambah daftar keluarga genus Enyalioides menjadi 15, yang semuanya hidup di wilayah antara Panama hingga Bolivia.

Separuh dari genus Enyalioides berada di Ekuador dan Peru. Spesies baru dari genus ini disebut Carvajal mungkin masih ada di luar sana.

“Pengetahuan kami mengenai keberagaman kadal di Ekuador dan Peru terbatas. Kami belum mengetahui sepenuhnya seluk-beluk spesies ini,” ucap rekan Carvajal, Pablo Venegas dari Pusat Ornitologi dan Biodiversitas Peru.

Venegas menyebut banyaknya pembalakan dan pembebasan lahan membuat habitat kadal di Andes terancam.

Peru adalah rumah dari 213 spesies kadal, sementara Ekuador berjumlah 190. Penemuan tiga spesies baru ‘Godzila Mini’ diterbitkan dalam jurnal ZooKeys edisi terbaru.
WIL

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here