TRENDING NEWS

Sunday, Apr 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Tiongkok Akui Pulau Natuna Milik Indonesia Setelah Diancam Presiden Jokowi

2516 2516

November 22, 2015

DUAKALI.COM – Pemerintah Tiongkok akhirnya memberikan pernyataan resmi mengakui hak Indonesia atas Kepulauan Natuna di Laut Cina Selatan. Pemerintah Indonesia menggunakan jalur diplomasi bilateral dengan Tiongkok mengenai Natuna. Indonesia, sebagai negara terbesar di ASEAN, bersama empat negara ASEAN lain, yakni Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei, membantah klaim maritim Tiongkok.

Pemerintah Indonesia sebelumnya menyatakan menerima jaminan dari Tiongkok karena kedua negara tidak memiliki sengketa dalam wilayah tersebut. Tiongkok tidak membantah kedaulatan Indonesia atas Kepulauan Natuna. Namun pemerintah Tiongkok sengaja menghindari diskusi publik terkait dengan isu ZEE, yang memicu keraguan pemerintah Indonesia. Beberapa pengamat berpendapat, Tiongkok menggunakan strategi Fabian terhadap Indonesia sehingga masalah ZEE seolah menguap.

Indonesia tidak sabar dengan sikap ambigu pemerintah Tiongkok terkait dengan ZEE. Tiongkok memulai proyek reklamasi untuk merebut kawasan di sekitar Spratly. Ini memicu kemarahan, tidak hanya Vietnam dan Filipina, tapi juga Jepang, Australia, Amerika Serikat, dan Indonesia. Perairan Kepulauan Natuna berpotensi menimbulkan konflik dan melibatkan angkatan laut dari beberapa negara di dunia.

Sebelumnya, Filipina menjadi penentang ambisi Tiongkok di Laut Cina Selatan setelah membawa masalah ini ke Pengadilan Arbitrase Internasional di Den Haag. Tiongkok marah atas gugatan tersebut. Media resmi Tiongkok telah mengecam Manila, dan pemerintah Tiongkok tegas menolak berpartisipasi dalam proses hukum. Bulan lalu, Pengadilan Tetap Arbitrase di Den Haag menolak yurisdiksi atas masalah ini.

Pemerintah Indonesia telah meningkatkan kekuatan militer di Kepulauan Natuna. Presiden Joko Widodo memerintahkan pesawat tempur SU-27, SU-30, F-16, P3-C, pengawas maritim, dan pesawat antikapal selam ke pulau-pulau. Presiden juga menambah pasukan ke pangkalan militer di sana untuk menunjukkan tekad Indonesia melindungi wilayah dan ZEE di Natuna.

Namun, pada 11 November 2015, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Pandjaitan menuturkan, jika dialog dengan Tiongkok atas Kepulauan Natuna tidak membuahkan hasil, Indonesia mungkin akan mengikuti jejak Filipina membawa Tiongkok ke Pengadilan Arbitrase Internasional.

Akhirnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Li, mengumumkan kesediaan Tiongkok menerima klaim kedaulatan Indonesia atas Kepulauan Natuna. Namun Hong tidak menyebutkan dalam keterangan mengenai Nine Dash Line atau ZEE di wilayah tersebut.

Menurut dia, itu tidak perlu. Sebab, ujar dia, selama Tiongkok mengakui klaim Indonesia, perairan 200 mil laut otomatis berada dalam area Indonesia, berpotensi menantang legitimasi Tiongkok atas garis klaimnya.

Tags

Related Articles

Nasional

2516 2516

November 23, 2014

Mulai 1 Desember 2014, PNS Akan Dikenai Sanksi Kalau Pergi ke Hotel

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Yuddy Chrisnandi, memberi aturan kepada para PNS untuk tidak menggelar sebuah kegiatan atau acara di hotel. Peraturan ini akan diberlakukan mulai 1 Desember 2014, jika PNS melanggar peraturannya akan dikenakan sanksi administratif. Seperti dilansir dari detikNews (23/11), Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa “Sanksinya ada. Sanksi administratif,” saat ditemui wartawan di Sekretariat Himpunan […]

Read More

Tekno

2516 2516

February 11, 2017

Dibanderol Murah, Advan Bima i7A Berbekal Teknologi 4G LTE

Di Indonesia, sudah semakin banyak tablet murah yang mengandalkan teknologi jaringan 4G LTE untuk menunjang kebutuhan para penggunanya dalam mengakses internet. Salah satunya adalah Advan Bima i7A yang baru-baru ini resmi dirilis di Tanah Air. Nama dari perangkat tablet ini sebenarnya diambil dari nama pahlawan asal Indonesia, yakni Satria Garuda Bima X. Karenanya, penggunanya akan […]

Read More

Olahraga

2516 2516

April 12, 2016

Arti Tangis Ranieri Seusai Kesuksesan Leicester

Sang manajer Claudio Ranieri enggak bisa menahan kebahagiaannya menyaksikan keberhasilan Leicester City mengalahkan Sunderland dengan skor 2-0 di Stadium of Light, pada hari Minggu kemarin. Dua gol Leicester digondol oleh mesin gol mereka, Jamie Vardy. Selepas laga, Ranieri larut dalam kebahagiaan. Bahkan, ia menitikkan air mata saat meninggalkan lapangan. Manajer asal Italia tersebut sudah sepatutnya […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.