Gaya menggunai sepeda motor di Thailand semakin beragam. Dikalangan anak muda di Negeri Gajah Putih saat ini tidak hanya mengendarai jenis Skutik, bebek, atau sport, tetapi mulai merambah ke motor mini (mini bike), seperti Honda MSX 125 dan Kawasaki Z125.

Selama 4 hari berada di Bangkok, cukup sering bertemu dengan anak ABG yang mengendarai sepeda motor ini. Virus ini lagi menjangkit kalangan anak muda, juga tercermin dari salah satu peserta pameran di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2016.

GPX Racing tersebut, berfokus menonjolkan motor mini bergenre sport. Pilihannya juga cukup beragam, sehingga memudahkan anak-anak muda di Thailand ketika mau memilih.

“Gayanya setiap tahun memang terus meningkat. Peningkatan di segmen motor mini ini kurang lebih 10%,” jelas Komar Johari dari Grand Prix International (GPI).

Pendapat pria yang berasal dari Indonesia yang sudah lama tinggal di Thailand itu, segmen yang mulai menciut adalah bebek dan Skutik. Konsumennya pindah ke motor mini dan motor sport 500 cc ke atas. Pergeseran itu terjadi sejak 3 atau 4 tahun lalu.

“Memang kalau untuk motor Skutik pengaruhnya belum cukup besar, tapinya motor bebek mulai ditinggalkan. Jadi, sekarang ini tren anak muda di Thailand, khususnya Bangkok, beralih ke motor mini atau motor sport,” ungkap Komar Johari.

Di Indonesia, cuma Kawasaki saja yang berani bermain disegmen ini dengan menawarkan model Z125. Sebagai pemula, pabrikan asal Jepang itu tidak menetapkan target besar atau hanya 100 unit per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.