TRENDING NEWS

Thursday, Mar 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Wartawan Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

2516 2516

December 8, 2015

DUAKALI.COM – Koalisi Wartawan Anti-Kekerasan Sumatera Barat dan Lembaga Bantuan Hukum Pers Padang menggelar aksi solidaritas atas kekerasan yang terjadi terhadap wartawan di Soppeng, Sulawesi Selatan, dan Riau. Koalisi yang terdiri atas berbagai organisasi wartawan itu melakukan aksi di Markas Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Senin, 7 Desember 2015.

Berbagai poster kecaman mereka bentangkan selama aksi. Di antaranya, “Stop Kekerasan terhadap Jurnalis”, “Jurnalis Bekerja Dilindungi Undang-Undang”, “Tindak Tegas Polisi yang Brutal”, “Jurnalis Bukan Musuh Polisi”, “Pecat Polisi Pelaku Kekerasan terhadap Wartawan”, dan “Media Freedom is Your Freedom”.

Koordinator aksi Koalisi Wartawan Anti-Kekerasan Sumatera Barat, Putra Tanhar, mengatakan, Desember ini, tercatat ada dua kasus kekerasan terhadap jurnalis. Yaitu di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, dan Riau. “Dua kasus tersebut pelakunya berasal dari kepolisian,” ujarnya.

Di Soppeng, Sulawesi Selatan, wartawan Tribun Timur, Abdul Azis Alimuddin, dan wartawan Koran Sindo, Jumadi Nurdin, dipukuli Aipda Andi Sadik saat melakukan liputan kampanye akbar di lapangan Gasis. Oknum polisi itu juga mengancam akan membunuh Abdul Azis jika membesar-besarkan peristiwa pemukulan itu.

Sedangkan di Riau, wartawan RiauOnline.co.id, Zuhri Febrianto, dipukul dengan tongkat dan pentungan pada seluruh badan dan kepala serta diinjak-injak oleh beberapa anggota Shabara Kepolisian Resor Kota Pekanbaru saat melakukan peliputan Kongres HMI di GOR Remaja, Riau. Zuhri pun mengalami memar dan luka pada bagian kepala.

Kata Putra, dua kejadian di atas membuktikan masih ada tindakan premanisme anggota kepolisian. Mirisnya, korban adalah wartawan yang secara tegas dilindungi undang-undang ketika melakukan pekerjaan jurnalistik.

Direktur LBH Pers Padang Roni Saputra mengatakan Kapolri Badrodin Haiti harus memproses anggota kepolisian yang menjadi pelaku tindak pidana di Soppeng dan Riau melalui peradilan umum. Meskipun belum ada laporan dari korban, polisi harus segera bertindak karena tindak pidana yang terjadi bukanlah merupakan delik aduan.

“Terhadap pelaku harus dikenai sanksi administrasi dan sanksi disiplin karena telah melakukan tindakan sewenang-wenang di luar perintah undang-undang dan telah mencemarkan nama kepolisian. Sanksi berat berupa pemecatan adalah sanksi yang terbaik untuk dijatuhkan,” katanya.

Menurut dia, kepolisian harus menjerat pelaku tindak pidana menggunakan Pasal 18 ayat 1 Undang-Undang Pers dan Pasal 351 ayat 1 jo Pasal 170 KUHP. Sebab, telah terjadi upaya dengan sengaja menghalang-halangi pers melakukan tugas jurnalistik dan dengan sengaja melakukan tindak penganiayaan serta tindak kekerasan terhadap wartawan yang sedang melakukan pekerjaan peliputan.

Koalisi Wartawan juga menyampaikan surat kepada Kapolri Badrodin Haiti melalui Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Komisaris Besar Nur Afiah. “Akan kami sampaikan surat ini ke Mabes Polri,” tutur Nur Afiah. “Kami juga akan menyelesaikan persoalan hukum pers sesuai dengan UU Pers.”

Tags

Related Articles

Olahraga

2516 2516

June 25, 2016

Kecemburuan Steve Mandanda Kepada Hugo Lloris

Steve Mandanda, yang saat ini menjadi kiper kedua Timnas Prancis mengaku jika dirinya sangat cemburu dengan Hugo Lloris yang dipercaya sebagai kipper utama dalam gelaran Euro 2016. Bagi kipper berusia 31 tahun itu, ia merasa layak menjadi kipper utama walau hal itu bukan berarti ia tidak menghargai semua keputusan yang telah diambil oleh Didier Deschamps, […]

Read More

Tekno

2516 2516

April 8, 2015

Xiaomi Eratkan Hubungan dengan Komunitas

Jakarta: Produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, menekankan pentingnya mendekatkan diri sebagai perusahaan dengan komunitas yang secara langsung adalah konsumen setia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Hugo Barra, Vice President Xiaomi. Khusus Indonesia, dia sangat antusias karena komunitas MIUI di Indonesia bersemangat untuk membawa berbagai unsur budaya lokal ke dalam antarmuka MIUI. “Saya sangat kagum dengan […]

Read More

Kesehatan

2516 2516

April 12, 2015

Dampak Mengonsumsi Obat Penghilang Nyeri Haid

Jakarta: Nyeri saat haid menjadi masalah umum yang sering dialami wanita. Dan, obat penghilang rasa sakit menjadi penyelamat. Keuntungan ketika menelan obat penghilang nyeri haid tentu saja rasa sakit akan hilang. Namun, ternyata obat tersebut memiliki efek jangka panjang. Berikut fakta tentang penggunaan obat penghilang rasa sakit selama menstruasi. 1. Memperlambat aliran darah Beberapa ahli […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.