TRENDING NEWS

Sunday, Apr 21 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Waspada, Inilah 5 Bahaya Merokok Tuk Ibu Hamil

2516 2516

December 22, 2016

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa setiap bayi yang terlahir dari ibu yang miliki kebiasaan merokok di masa kehamilannya akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan sistem sarafnya dan bahaya merokok juga akan jauh lebih berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, dalam hal ini setiap ibu hamil sangat penting untuk menyadarai dan memahami akan bahaya merokok bagi kesehatan bayi yang dikandung. Dengan membiasakan merokok ketika hamil, maka akan membiarkan bayi yang anda kandung beresiko terkontaminasi dengan beragam bahan kimia yang berbahaya.

Perlu kita ketahui, rokok menyimpan kandungan karbon monoksida yang berimbas pada terhambatnya asupan nutrisi dan aliran oksigen pada bayi di dalam kandungan. Kondisi tersebut dapat memperlambat pernapasan bayi dan menjadikan denyut jantungnya berdetak lebih cepat. Nah, di bawah ini akan dibahas lebih lanjut apa saja bahaya merokok bagi ibu hamil yang perlu anda ketahui.

1. Resiko bayi terlahir cacat

Akibat merokok di masa kehamilan yang paling berbahaya ialah bayi yang lahir miliki resiko cacat. Dalam hal ini, biasanya bayi akan mengalami cacat jantung bawaan. Dipaparkan dalam studi di Centers for Disease Control and Prevntion (SCS) Amerika Serikat bahwa bayi yang terlahir dari ibu perokok akan mengalami cacat jantung bawaan 20 hingga 70 persen.

Apabila semakin banyak rokok yang dihisap di masa kehamilan, maka akan semakin besar juga resiko sang bayi terlahir cacat jantung. Tak hanya itu, ibu hamil yang tidak mampu meluputkan kebiasaan merokok juga mengalami cacat anggota tubuhnya, baik pada bagian kaki, lengan, atau bibir sumbing.

2. Komplikasi kehamilan

Bahaya merokok yang tidak dapat terluputkan bagi ibu hamil adalah resiko mengalami plasenta previa dan abrupsio, dimana kondisi ini merupakan komplikasi kehamilan yang sangat serius, sehingga bisa menyebabkan pendarahan yang parah pada masa kehamilan. Tak hanya itu, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan resiko kematian bagi bayi dan juga ibu.

3. Terganggunya perkembangan janin

Bayi yang terlahir dari ibu hamil yang miliki kebiasaan merokok ialah masalah prilaku dan kognitif lainnya. Dalam sebuah penelitian pun dipaparkan bahwa ibu hamil yang tergolong sebagai perokok akan memiliki bayi yang keterbelakangan mental hingga 50 persen.

Kondisi ini tidak hanya akan terjadi bagi ibu perokok aktif saja, tapinya juga bagi ibu perokok pasif. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa ibu hamil yang lingkungan sekitarnya merupakan perokok aktif akan meningkatkan resiko kelahiran dengan berat badan yang kurang dari rata-rata.

4. Bayi terlahir prematur

Bahaya merokok bagi ibu hamil berikutnya adalah mendongkrak resiko bayi terlahir secara prematur. Seorang ibu hamil yang tidak mampu meluputkan kebiasaan merokok, maka di minggu pertama kehamilannya akan menghambat tumbuh kembang janin. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi penting dan oksigen yang dibutuhkan bayi saat berada di kandungan.

Lebih parahnya lagi, kebiasaan merokok pada masa kehamilan juga akan menyebabkan terjadinya keguguran. Tapinya, apabila bayi bisa bertahan, besar kemungkinan akan terlahir secara prematur. Umumnya, kelahiran bayi secara prematur ini lebih rentan terhadap penyakit di masa tumbuh kembangnya.

5. Bayi terlahir dengan berat rendah

Kebiasaan merokok yang sudah mendarah daging bagi Ibu hamil, kemungkinan besar bayinya akan terlahir dengan berat rendah. Bayi yang terlahir dengan kondisi tersebut lebih tinggi resikonya mengalami cacat mental, gangguan kesehatan, hingga kematian. Oleh karena itulah, betapa pentingnya bagi setiap ibu hamil untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat demi keselamatan bayi dan ibunya.

Tags

Related Articles

Nasional

2516 2516

March 7, 2015

2 Hari Dirawat di RS Polri, Pendemo Ahok Meninggal

Jakarta – Anggota Front Pembela Islam (FPI) Hathim Firmansyah bin Ademan mengembuskan napas terakhir di RS Polri dr Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat 6 Maret 2015. Salah satu pendemo Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini meninggal dunia setelah dirawat selama 2 hari. “Betul, yang bersangkutan meninggal di RS Polri karena sakit komplikasi, jantung sama […]

Read More

Berita Bola

2516 2516

February 3, 2017

Gol Tendangan Bebas Luiz Memotivasinya Mencetak Lebih Banyak Angka

Liga Inggris – Pertandingan Chelsea melawan Liverpool di Anfield pada laga matchday ke-23 Liga Primer Inggris begitu membekas di benak David Luiz. Pasalnya ialah yang memberikan angka pertama bagi The Blues pada laga tersebut. Dengan gol yang ia hasilkan, The Blues sempat memimpin jalannya pertandingan sampai akhirnya Georginio Wijnaldum berhasil menyeimbangkan keadaan di menit ke-59. […]

Read More

Bisnis

2516 2516

October 25, 2016

Raup Omzet Rp 150 Juta/Bulan Dari Bisnis Coklat Choco Crust

Salah satu cemilan menyehatkan yang paling banyak digemari masyarakat ialah coklat. Dengan beragam olahan yang bervariasi, coklat memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk menggeluti bisnis ini. Peluang usaha coklat semakin menjanjikan apabila digeluti dengan sungguh dan tekun, seperti halnya yang dilakukan oleh Nugraha Sugiarta serta Amelia Herlinda Devita yang merintis bisnis coklat yang mengusung nama […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.