Gaya HidupKesehatan

Waspadalah, Penyakit Diabetes Bayang-bayangi Generasi Muda!

Kondisi generasi muda disaat sekarang ini bisa dibilang sangat mengkhawatirkan. Mereka menjadi rentan terhadap penyakit tidak menular. Salah satunya ialah penyakit diabetes yang kini membayanginya.

Faktanya, menurut dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, dari Siloam Hospitals ASRI, diabetes bisa saja menyerang generasi muda jika tidak dapat melakukan pola makan yang tepat di mulai sejak dini.

“Dahulu kala penyakit diabetes itu mungkin hanya di derita oleh mereka yang sudah berusia lanjut, semisal usia 60 tahun ke atas. Tapinya, pada saat sekarang tren penyakitnya sudah menyerang ke generasi muda. Karena itu, ada diabetes tipe 1 yang muncul pada usia anak-anak, yang disebabkan oleh gangguan hormonal insulin,” jelas dr Mulyani, seusai mengisi acara Senam Sehat Tropicana Slim, di GOR Ragunan, Jakarta.

Biarpun demikian, dr Mulyani mengutarakan bahwa pola hidup, terutama pola makan, serta aktivitas fisik dengan berolahraga perlu dilakukan secara tepat agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

“Sekarang makanan di mana-mana banyak, ada yang tinggi lemak dan kandungan gulanya tinggi, jikalau nantinya ditambah dengan kurangnya olahraga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan gula. Belum lagi dengan faktor stres, itu pun dapat memicu peningkatan gula darah. Sehingga mulailah menerapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta melakukan aktivitas fisik,” terang dr Mulyani.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close