Gaya HidupKesehatan

Yuk Kenali Tanda-Tanda Ini Tuk Cegah Dehidrasi

Kurang cairan di dalam tubuh atau dehidrasi dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Pada hakekatnya, memang air merupakan komponen yang sangat krusial sehingga disarankan untuk setiap harinya kita memenuhi kebutuhan cairan tersebut, salah satunya ialah dengan banyak minum.

Ada baiknya, jangan menunggu haus untuk meminum air, karena rasa haus timbul akibat tubuh anda sedang butuh cairan. Dibawah ini ialah beberapa tanda-tanda alami yang menunjukkan bahwa anda sedang mengalami dehidrasi.

1. Sembelit

Pada dasarnya, selulit dipicu lantaran menumpuknya kotoran di dalam usus dan kurangnya zat cair didalamnya. Faktanya, air akan membantu memperlancar pergerakan usus besar agar mengeluarkan kotoran yang dihasilkan oleh tubuh. Itulah sebabnya mengapa meminum air yang kurang akan menimbulkan selulit.

2. Warna Urine menjadi gelap

Bila setiap harinya anda kurang meminum air, maka akan memicu urine yang dikeluarkan dari dalam tubuh hasilkan warna yang sedikit keruh atau gelap, seperti kuning tua. Mengingat cairan yang ada di dalam tubuh ada 80 persen, untuk itu anda harus meminum air minimal 1,5 liter per harinya dan usahakan untuk tidak menunggu sampai muncul rasa haus.

3. Pusing

Tanda-tanda alami yang bisa ditimbulkan akibat dehidrasi adalah pusing. Ketika mendera dehidrasi, kandungan air, mineral, dan juga garam seperti potasium dan sodium akan semakin menyusut. Alhasil terjadi penurunan kadar darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh, salah satunya ke otak. Tak hanya itu, pasokan oksigen yang diperlukan otak untuk berkeja kurang, sehingga menyebabkan sakit kepa atau pusing.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close